Peristiwa

Gerakan Islam Cinta Hadir di Kota Malang

Senin, 22 Februari 2016 - 16:32 | 89.94k
Festival Islam Cinta 2016 (Foto Istimewa)
Festival Islam Cinta 2016 (Foto Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Melihat radikalisme, kebencian, dan kekerasan bermotif agama sudah muncul di Indonesia sehingga menjadi ancaman yang serius bagi keutuhan dan kerukunan bangsa, 40 Tokoh Muslim Indonesia pada tahun 2012 di Jakarta mendeklarasikan Gerakan Islam Cinta (GIC). 

Organisasi ini  dibentuk sebagai respon kaum muslim moderat terhadap fenomena intoleransi dan radikalisme yang mengatasnamakan agama. GIC terbuka bagi siapapun yang percaya bahwa Islam adalah agama cinta (rahmah), damai (salam) dan welas asih. 

Organisasi ini bersikap aktif dalam mewujudkan cinta-kasih dalam kehidupan kemasyarakatan, khususnya di Indonesia. 

Sementara itu, Gerakan Islam Cinta (GIC) bersama dengan DEMA FITK UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang akan menyelenggarakan Festival Islam Cinta 2016, Rabu (24/2 /2016) di Student Center, UIN Maliki, Malang. 

Mengusung tema "Semesta Cinta", sejumlah tokoh mulai dari kalangan akademisi, aktivis, seniman hingga budayawan akan meramaikan acara ini melalui seminar, workshop dan pentas seni. 

Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saefuddin direncanakan akan membuka langsung gelaran Festival Islam Cinta 2016 di Kota Malang ini. 

Rangkaian acara Festival Islam Cinta 2016 akan diawali dengan launching mini album Gerakan Islam Cinta. Dimana beberapa lagu didalamnya dinyanyikan oleh Noe Letto (Putra Emha Ainun Nadjib).

Acara juga diisi dengan pembacaan puisi islam cinta oleh Menteri Agama RI dan Seminar Islam Cinta bertajuk "Peran Agamawan dalam Pembangunan NKRI" bersama KH. Ahmad Mustofa Bisri, KH. Agus Sunyoto,  Mahfud MD,dan Nasaruddin Umar. 

Selain itu dalam acara ini juga dilaksanakan  Diskusi dan Nonton Bareng Film Islam Cinta "Mencari Hilal" bersama Putut Widjanarko pada siang hari. 

Di saat yang bersamaan diselenggarakan pula Workshop Pendidikan Perdamaian bersama Irfan Amalee, Direktur Eksekutif Peace Generation Indonesia. Organisasi yang aktif mengajarkan nilai-nilai perdamaian pada tiap sekolah di tanah air selama lebih dari delapan tahun. 

Acara Festival Islam Cinta 2016 akan semakin meriah pada sore hari dengan Launching dan Diskusi Buku Karya Haidar Bagir "Mereguk Cinta Rumi" dengan Narasumber Haidar Bagir, dan Candra Malik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : =

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES