Foto

Memotret Situs Geologi Kali Ngalang di Gunung Kidul

Kamis, 15 September 2022 - 20:34 | 198.95k

TIMESINDONESIA, GUNUNG KIDULSitus Geologi Kali Ngalang merupakan salah satu situs yang masuk dalam geosite UNESCO global geopark Gunungsewu. Lokasinya berada di Kecamatan Kapanewon Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Situs Kali Ngalang berada di bawah jembatan Ngalang yang menghubungkan jalan Sambipitu dan Gedangsari. Situs ini berada di antara aliran sungai yang membentang sepanjang 15 kilometer (km).

Situs ini terbentuk karena adanya sedimentasi akibat letusan Gunung Api Purba Nglanggeran yang diperkirakan 16 juta tahun yang lalu, sehingga memunculkan batuan yang dulunya merupakan bekas pasir pantai berbentuk seperti guratan hewan pasir.

Proses ini yang menarik hingga ditetapkan sebagai salah satu dari 20 warisan geologi di DIY melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 13.K/HK.1/MEM.G/2021 tentang Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Situs Kali Lanang merupakan salah satu dari 13 geosite yang ada di Gunung Kidul. Situs-situs itu meliputi Pantai Baron-Kukup-Krakal, Hutan Wanagama, Hutan Turunan, Gua Ngingrong, Gua Jlamprong, Air Terjun Bleberan, Lembah Bengawan Solo Purba.

Selain itu terdapat situs Pantai Siung-Wediombo, Luweng Goa Jomblang, Luweng Kali Suci, Endapan laut Miosen Awal (Formasi Sambipitu), dan Gunungapi Miosen Awal (Formasi Nglanggran).


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Adhitya Hendra
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES