Foto

Perayaan Yadnya Kasada Suku Tengger

Sabtu, 26 Juni 2021 - 15:58 | 961.39k

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Masyarakat suku Tengger melaksanakan perayaan Hari Raya Yadnya Kasada yang jatuh pada tanggal 25-26 Juni 2021, dengan melarung sesaji berupa aneka hasil bumi dan ternak ke kawah Gunung Bromo.

Perayaan Hari Raya Yadnya Kasada, bertujuan untuk memohon keselamatan, kemakmuran, dan tolak bala kepada Sang Hyang Widhi. Pelakasanaan Yadnya Kasada sendiri menurut perhitungan kalender masyarakat suku Tengger dilaksanakan setiap bulan Kasada hari ke-15 pada penanggalan Jawa.

Proses larung sesaji tersebut merupakan prosesi puncak perayaan Hari Raya Yandya Kasada, yang sebelumnya diawali dengan prosesi pengambilan air suci di Bukit Widodaren, serta pemberian doa oleh para pemangku adat atau yang disebut (dukun Tengger).

Perayaan Hari Raya Yadnya Kasada oleh masyarakat suku Tengger di Kawah Gunung Bromo, digelar tertutup untuk wisatawan, tidak diperbolehkan datang dan jumlah peserta dibatasi.

Kebijakan ini dibuat untuk mengantisipasi penyebaran penularan Covid-19. Agar tidak ada kluster baru penularan Covid-19 dari kegiatan keagamaan Yadnya Kasada.(*)


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Adhitya Hendra
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES