Foto

Jembatan Sawunggaling Surabaya Diresmikan Mensos Risma

Sabtu, 01 Mei 2021 - 21:12 | 115.20k

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Jembatan Joyoboyo yang menjadi salah satu proyek warisan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini kala menjabat Wali Kota Surabaya akhirnya diresmikan, Sabtu (1/5/2021).

Jembatan yang dibangun mulai Maret 2020 itu nampak siap menjadi pemecah kemacetan Wonokromo. Dalam sambutannya Risma menyampaikan terima kasih kepada warga Surabaya dan jajaran pemerintahan kota yang telah mengundangnya untuk meresmikan secara langsung proyek strategis ini.

Jembatan yang secara resmi diberi nama Sawunggaling ini menghubungkan frontage road sisi barat Jalan Raya Wonokromo dengan Jalan Gunungsari. Dengan panjang jembatan 136 meter dan lebar badan jalan 7 meter, keberadaannya mendukung transportasi yang akan masuk ke Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ).

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berharap dengan adanya jembatan Sawunggaling ini, ekonomi masyarakat sekitar dapat semakin bergeliat. Khususnya untuk bangkit kembali di tengah pandemi Covid-19. Eri mengungkapkan bahwa ke depan tidak ada lagi parkir di sekitar Kebun Binatang Surabaya, semuanya akan dialihkan ke TIJ.

Tidak hanya berfungsi sebagai jembatan biasa, Sawunggaling juga menunjukkan penampilan yang memesona dengan mezzanine ditengahnya. Ada pula dancing fountain atau air mancur yang dapat menari seirama dengan lagu-lagu daerah yang diputar.

Di sisi kanan juga terdapat big tree lamp, tiang lampu melingkar setinggi 6 meter dilengkapi dengan LED variasi gerak dengan tulisan berjalan yang sangat indah di malam hari.

Jembatan Joyoboyo yang resmi disebut jembatan Sawunggaling ini menambah jumlah jembatan yang dimiliki kota Surabaya. Tercatat hingga hari ini terdapat 134 unit jembatan, dengan rincian 6 jembatan sudah ada sebelumnya, dan 128 jembatan baru dibangun di masa Mensos Risma menjabat Wali Kota Surabaya. (*)
 


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Adhitya Hendra
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

TIMES VLOG

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

11/08/2022 - 17:08

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022
Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud

Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud
Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi

Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi
Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia