Foto

Rukyatul Hilal Perdana dari Atas Gedung Pencakar Langit Kota Pahlawan

Senin, 12 April 2021 - 18:16 | 52.61k

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melakukan rukyatul hilal di One Icon Residence lantai 57. 

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi melakukan upaya melihat bulan tanda datangnya bulan suci ramadan (rukyatul hilal) di lantai 57 One Icon Residence, kompleks Mal Tunjungan Plaza, Surabaya pada Senin (12/4/2021).

Bersama sejumlah organisasi dan instansi agama seperti PCNU Surabaya, PD Muhammadiyah Surabaya, MUI Surabaya, DMI Surabaya, FKUB Surabaya, Kementerian Agama, dan Pengadilan Agama Surabaya.

Rukyatul hilal di One Icon Residence ini merupakan yang pertama kali di tengah kota Surabaya, biasanya dilakukan jauh di Pulau Nambangan.

”Ini adalah inisiasi dari PCNU Jawa Timur yang difasilitasi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk rukyatul hilal di tempat yang lebih tinggi. Dengan ini semoga Surabaya bisa punya menara rukyat seperti Gresik dengan Candradupa-nya,” ujar Muhibbin Zuhri, Ketua PCNU Surabaya.

Sementara itu, Eri Cahyadi menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak One Icon Residence yang telah bersedia menyediakan tempat untuk umat islam melaksanakan sunnah rasul, rukyatul hilal.

Kerjasama dengan berbagai ormas ini diharapkan dapat terus berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya.

"One Icon Residence ini bisa jadi yang tertinggi di Surabaya. Tingginya 200 meter. Dan menurut penuturan para alim, memenuhi syarat untuk melihat hilal. Semoga bisa disahkan ke depannya," ungkap Eri.

"Semoga dengan kegiatan ini kita mendapat keberkahan dari doa para ulama, karena yang paling utama  adalah doanya para ulama, baru kemudian para umara dan masyarakatnya," imbuhnya.

Dengan datangnya momentum bulan suci ramadan, penerima Anugerah Times Indonesia 2020 sebagai Man Of The Year Surabaya ini juga berharap agar Kota Pahlawan dapat terbebas dari virus Covid-19.

Pantauan rukyatul hilal Wali Kota Surabaya di One Icon Residence menggunakan teropong teodolit, tidak mampu melihat hilal. Lantaran cuaca mendung menyelimuti Surabaya. Kendati demikian pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia telah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Selasa (13/4/2021).


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Kiagus Firdaus
Publisher : Rizal Dhani
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

TIMES VLOG

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie