Foto

Hadiah Untuk Orangutan di Internasional Orangutan Day

Rabu, 19 Agustus 2020 - 19:22 | 82.13k

TIMESINDONESIA, MALANG – Sejumlah orangutan koleksi Batu Secreat Zoo memakan buah-buahan serta sayuran yang dikemas dalam bambu sebagai hadiah peringatan Internasional Orangutan Day. Pemberian hadiah tersebut diberikan secara langsung oleh kipper Orangutan di kandang pulau Eksitu.

Internasional Orangutan Day diperingati setiap tahunnya pada 19 Agustus. Pemberian makanan yang dikemas dalam bambu tersebut agar tetap menjaga insting satwa Orangutan saat nantinya akan dilepas liarkan, sehingga lebih mudah beradaptasi dialam liar.

Populasi orangutan Indonesia secara keseluruhan semakin berkurang data dari wwf, Orangutan Indonesia terbagi dalam tiga jenis yaitu Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) hanya ada 104 ribu ekor, dan orangutan Sumatera (Pongo abelii) 7500 ekor, sedangkan Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) sekitar 800 ekor.

Orangutan merupakan satwa yang dilindungi dalam hukum nasional, berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Dalam CITES, status ketiga spesies orangutan ini adalah Appendix I yang artinya spesies ini tidak boleh diperdagangkan.

Satwa endimik Indonesia ini ketiganya berstatus Kritis (Critically Endangered/CR) berdasarkan daftar merah IUCN. Ini diakibatkan karena hilangnya hutan yang menjadi habitat orangutan.


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Adhitya Hendra
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES