Foto

Masjid Jami Peneleh, Masjid Tertua Peninggalan Sunan Ampel

Sabtu, 09 Mei 2020 - 20:43 | 209.59k

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kota Surabaya merupakan kota dengan segudang tempat bersejarah yang masih terjaga nilai historisnya hingga saat ini. Salah satunya ialah Masjid Jami Peneleh.

Masjid yang merupakan peninggalan Raden Rahmat atau yang lebih terkenal disebut Sunan Ampel. Masjid yang dibangun sekitar tahun 1500 ini terletak di Jalan Achmad Djais Gang Peneleh V, Surabaya dan masih berdiri kokoh hingga detik ini. 

Masjid Jami ini merupakan tempat ibadah umat Islam kedua yang didirikan oleh Raden Rahmat beserta rombongannya sebelum Langgar Kembang Kuning pertama yang berdiri di tanah Surabaya. 

Pada bangunan itu tersimpan jejak peninggalan Sunan Ampel, salah satu Wali Songo. Kabarnya, Raja Majapahit terakhir, yakni Brawijaya V, yang memberikan tanah tersebut kepada Sunan Ampel sebagai hadiah karena menumpas serangan tentara Tartar atau Mongol.

Yang menarik, Pada saat bulan suci Ramadan tiba, Masjid Jami Peneleh salah satu masjid yang menerapkan one day one juz untuk shalat tarawih dan witir. Saat shalat, imam akan membaca surat Alquran sebanyak satu juz yang dibagi dalam 20 rakaat salat tarawih dan 3 rakaat salat witir. Dalam satu bulan, bacaan imam salat tarawih akan khatam 30 juz. (*)


Fotografer : Candra Wijaya (MG-237)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES