Foto

Harapan Masyarakat Yang Terpaksa Kehilangan Pekerjaan Akibat Covid-19

Senin, 13 April 2020 - 20:38 | 74.90k

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Di tengah wabah virus corona, para pekerja yang terdampak dan harus kehilangan pekerjaannya akan memiliki kesempatan untuk mendaftar program Kartu Prakerja yang disediakan oleh pemerintah pusat dan telah dibuka pendaftarannya untuk gelombang pertama pada hari ini. 

Para pekerja yang dirumahkan, pekerja yang terkena PHK, maupun para pencari kerja yang terkendala untuk mendaftar mandiri lewat gadget maupun perangkat mandiri, bisa mendapatkan pendampingan dengan datang ke Posko Pendampingan yang disiapkan di 56 titik layanan di seluruh Jawa Timur.

Selain memberikan bantuan pendampingan untuk mendaftar program Kartu Pra Kerja, Pemprov Jatim juga terus melakukan pendataan nama-nama yang sudah masuk sebagai pegawai terdampak terkena PHK maupun yang dirumahkan akibat wabah Covid-19 ini.

Hingga akhir pekan pada 11 April 2020, data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim menyebutkan bahwa jumlah pegawai di Jawa Timur yang dirumahkan ada sebanyak 20.036 orang. Sedangkan, yang mengalami PHK ada sebanyak 3.315 orang.

Serta, juga ada sebanyak 4.302 dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang juga terdampak Covid-19 baik yang putus kontrak, bermasalah, maupun yang gagal berangkat. Jadi, total seluruh pekerja di Jatim yang terdampak Covid-19 sebanyak 27.653 orang.

Mereka ini yang diusulkan Pemprov Jatim ke Kemenaker untuk mendapatkan program Kartu PraKerja. Selain itu, juga ada sebanyak 43 ribu orang pekerja yang terkena PHK di Jatim sebelum wabah Covid-19 yang juga diusulkan. (*)


Fotografer : Candra Wijaya (MG-237)
Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES