Foto

Waspada Flu Burung, DKPP Surabaya Uji Sampel Ayam

Kamis, 12 Maret 2020 - 20:10 | 69.02k

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Belum usai permasalahan negara akan terinfeksinya virus corona pada sejumlah warga Indonesia dan warga negara asing, kini Indonesia kembali digegerkan dengan merebaknya virus flu burung (H5N1) di Kota Palembang. 

Hal ini membuat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya mulai mengambil langkah cepat guna mengatasi virus yang tak kalah mematikannya dengan virus corona. 

Sejumlah pasar penjual kebutuhan pokok khususnya daging unggas akan diuji kelayakannya mulai dari daging, tempat pencabutan bulu, tempat penimbangan, hingga sampah pembuangan limbah unggas. 

Nantinya sampel dari unggas tersebut akan dikumpulkan dan diuji lab di Universitas Airlangga, Surabaya. Dan akan dilakukan vaksinasi pada unggas yang terbukti terjangkit virus flu burung. 

Temuan virus flu burung awal 2020 menjadi yang pertama sejak kasus terakhir ditemukan pada 2015. Berkaca dari kasus banyaknya unggas yang mati di Kota Palembang, para peternak diharapkan segera melapor ke pemerintah bila banyak unggasnya yang mati guna penanganan dini dan antisipasi H5N1. (*)


Fotografer : Candra Wijaya (MG-237)
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES