Foto

Eco Green Park Kembali Tetaskan Telur White Stork

Jumat, 29 November 2019 - 16:54 | 150.32k

TIMESINDONESIA, BATU – Lembaga Konservasi Eco Green Park di bawah naungan Jawa Timur Park Grup kembali berhasil menetaskan satu telur White Stork (Ciconia ciconia) pada 21 Agustus 2019 lalu. Sebelumnya, satu telur menetas pada 12 Oktober 2017. 

White Stork sudah ada di Eco Green Park sejak tahun 2012. Satwa tersebut berhasil berkembang biak secara alami di kandang exhibit yang ada di wilayah konservasi ini.

Telur White Stork dierami dan dirawat sampai besar oleh kedua induknya (parent rearing). Rata-rata mereka bertelur sebanyak 4 butir dengan masa inkubasi sekitar 33-34 hari. 

Anakan muda akan keluar dari sarang saat berumur 58-64 hari dan masih berlanjut diberi makan oleh induk selama 2 minggu. 

White Stork di Eco Green Park dirawat dalam kandang exhibit terbuka dan bisa langsung dinikmati keindahannya secara langsung oleh pengunjung. 

Lingkungan kandang dibuat secara alami dengan enrichment yang memadai yaitu lantai tanah berumput, pohon pelindung, 
tanaman semak perdu, material bersarang dari kayu dan ranting kecil, kolam air serta atap berlindung kecil. Pakan yang diberikan berupa aneka jenis ikan. 

Satwa tersebut mendapatkan perawatan yang baik berupa nutrisi, suplemen pendukung vitamin, dan keeper yang siaga serta pengelolaan manajemen konservasi yang terpadu.

Habitat satwa kebanggaan masyarakat Polandia ini adalah hewan yang hidup di empat musim. Namun, Eco Green Park berhasil membiakkan di habitat dua musim. 

Hal ini menunjukkan keistimewaan satwa tersebut yang mempunyai daya adaptasi tinggi terhadap lingkungan yang memiliki perbedaan ekstrim. 

Hal itu juga sebagai indikator keberhasilan Eco Green Park sebagai lembaga konservasi untuk mengembangbiakkan dan menyelamatkan satwa dan menjamin kelestarian keberadaannya. 

Keberhasilan ini diharapkan akan jadi momentum keberlanjutan kerja sama di bidang konservasi satwa White Stork ini antara Eco Green Park (Jawa Timur Park Grup) dengan Pemerintah Polandia. Bukan hanya terbats satwa white Stork saja, namun bisa juga pada satwa jenis lainnya.

Sekadar informasi, di Polandia, masyarakat setempat percaya bahwa White Strok merupakan simbol keberuntungan dan kesuburan. 

White Stork sering bersarang di atap rumah sampai telurnya menetas pada musim semi, yang juga bersamaan dengan banyaknya kelahiran bayi di Polandia.


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Faizal R Arief
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES