Foto

Tim Arkeolog Teliti Situs Sekaran

Jumat, 19 April 2019 - 15:46 | 323.00k

TIMESINDONESIA, MALANG – Situs Sekaran, sebuah situs berbentuk struktur bata berbentuk persegi dengan dimensi lebar 205 sentimeter, dan 110 sentimeter, ditemukan di area proyek Tol Malang-Pandaan seksi V. Tepatnya di titik kilometer 37, dengan koordinat S 070 58’ 28. 0” E dan 1120 40’ 53” dengan ketinggian 486 meter di atas permukaan air laut.

Situs yang tersusun atas 15 lapis bata tersebut diberi nama Situs Sekaran sesuai dengan lokasi ditemukannya situs yaitu di Dusun Sekaran, Desa Sekarpura, yang masuk dalam wilayah Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Sejak ditemukannya situs tersebut, tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan langsung bergerak dan bekerja secara maksimal. Tim tersebut memetakan area dengan melakukan ekskavasi secara horisontal atau penggalian permukaan sebagai langkah identifikasi awal. 

Tim yang diketuai  Wicaksono Dwi Nugroho, Arkeolog BPCB Jawa Timur tersebut, juga melakukan penelusuran temuan benda-benda, yang ditemukan oleh warga masyarakat di area situs sejarah tersebut, untuk dapat menunjang hasil riset data sementara.

Penelitian awal tersebut nantinya akan dilanjutkan oleh tim Balai Arkeologi Yogyakarta, karena Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan hanya berwenang pada pelestarian Cagar Budaya. 

Selanjutnya, Balai Arkeologi Yogyakarta akan melakukan proses penelitian dan ekskavasi lanjutan secara vertikal untuk mencari data bukti-bukti yang kuat untuk mengetahui situs sejarah apa yang berada di kawasan tersebut.

Tim Arkeolog hanya bersifat menyajikan data tentang situs dan batasan luasan situs Sekaran. Nantinya dari data kajian tersebut akan dapat memberikan rekomendasi kepada pihak-pihak terkait dalam mengambil keputusan baik secara pelestarian situs sejarah dan pengerjaan tol Malang-Pandaan tersebut ke depan.
 


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Faizal R Arief
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES