Foto

Wisata Religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya

Kamis, 04 April 2019 - 16:52 | 257.08k

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Berwisata menikmati panorama alam yang mempesona atau bahkan mungkin berwisata sejarah sambil jalan-jalan, umumnya sangat disukai dan dilakukan oleh kebanyakan orang. Salah satunya wisata religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya.

Dalam wisata religi, wisatawan bisa sambil beribadah. Misalnya, di Pantai Ria Kenjeran Surabaya, sebagian warga Surabaya atau bahkan dari luar kota pemeluk Tridarma yakni agama Konghucu, Buddha dan Taoisme memilih untuk beribadah di Pantung Brahma empat rupa maupun di Klenteng Sanggar Agung. 

Patung Buddha yang keemasan ini memiliki ketinggian sekitar 36 meter. Empat Wajah patung Budhha ini melambangkan sifat kebaikan sang Buddha, yaitu murah hati, pengasih, adil, dan meditasi. 

Delapan tangannya melambangkan kekuatan Buddha dan memegang benda-benda yang berbeda. Ada yang memegang tasbih, tongkat kebesaran, cakram, cupu berisi air suci, kitab suci, kerang, dan teratai. Satu tangan kanannya pun memegang dada.

Patung Budha empat wajah di Surabaya mirip dengan patung Thao Maha Brahma atau disebut Tao Maha Phrom di Altar Erawan, Bangkok, Thailand. 

Sedangkan Klenteng Sanggar Agung Surabaya, memiliki keunikan yakni letaknya yang dekat dengan tepi laut juga patung Kwan Im setinggi 20 meter.

Klenteng ini dibangun untuk dipersembahkan kepada Nan Hai Guan Shi Yin Pu Sa atau Bodhisatwa Kwan Im Laut Selatan.

Hal itu dikarenakan ada seorang karyawan Sanggar Agung yang melihat sesosok wanita berjubah putih berjalan diatas air saat sedang menutup Klenteng pada malam hari. Itulah wisata religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya yang bisa dinikmati oleh wisatawan.(*)


Fotografer : Tria Adha
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Tria Adha
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES