Serba-Serbi

Wisata Religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya

Wisata Religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya Patung Brahma 4 rupa yang berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran Surabaya. (Foto : Tria Adha/TIMES Indonesia).
Wisata Religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya Patung Brahma 4 rupa Surabaya pada sore hari. (Foto : Tria Adha/TIMES Indonesia).
Wisata Religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya Pengunjung tengah mempersiapkan hio / dupa untuk melakukan ibadah di Patung Brahma 4 rupa Surabaya. (Foto : Tria Adha/TIMES Indonesia).
Wisata Religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya Dupa/hio serta lilin untuk keperluan ibadah pemeluk Tridarma di Pantung Brahma 4 rupa Surabaya. (Foto : Tria Adha/TIMES Indonesia).
Wisata Religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya Persembahan/Puja yang memiliki makna masing-masing dalam ibadah umat Budha di Patung Brahma 4 Rupa Surabaya. (Foto : Tria Adha/TIMES Indonesia).
Wisata Religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya Sisi lain Patung Brahma 4 rupa Surabaya. (Foto : Tria Adha/TIMES Indonesia)
Wisata Religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya Pengunjung tengah beribadah di Patung Brahma 4 rupa Surabaya. (Foto : Tria Adha/TIMES Indonesia).
Wisata Religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya Kelenteng Sanggar Agung atau Klenteng Hong San Tang menjadi tempat ibadah bagi pemeluk Tridharma, juga menjadi tempat tujuan wisata bagi para wisatawan. (Foto : Tria Adha/TIMES Indonesia).
Wisata Religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya Bunga bertaburan di laut merupakan tradisi Cheng Beng sebagai bentuk penghormatan abu jenazah sanak saudara/nenek moyang yang telah ditabur di laut. (Foto : Tria Adha/TIMES Indonesia)
Wisata Religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya Tradisi Fang Sheng melepaskan burung pipit dipercaya warga etnis Tionghoa untuk mendapatkan karma baik dan menjadi simbol menjalin hidup bekesinambungan dengan alam. (Foto : Tria Adha/TIMES Indonesia).
Kamis, 04 April 2019 - 16:52

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Berwisata menikmati panorama alam yang mempesona atau bahkan mungkin berwisata sejarah sambil jalan-jalan, umumnya sangat disukai dan dilakukan oleh kebanyakan orang. Salah satunya wisata religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya.

Dalam wisata religi, wisatawan bisa sambil beribadah. Misalnya, di Pantai Ria Kenjeran Surabaya, sebagian warga Surabaya atau bahkan dari luar kota pemeluk Tridarma yakni agama Konghucu, Buddha dan Taoisme memilih untuk beribadah di Pantung Brahma empat rupa maupun di Klenteng Sanggar Agung. 

Patung Buddha yang keemasan ini memiliki ketinggian sekitar 36 meter. Empat Wajah patung Budhha ini melambangkan sifat kebaikan sang Buddha, yaitu murah hati, pengasih, adil, dan meditasi. 

Delapan tangannya melambangkan kekuatan Buddha dan memegang benda-benda yang berbeda. Ada yang memegang tasbih, tongkat kebesaran, cakram, cupu berisi air suci, kitab suci, kerang, dan teratai. Satu tangan kanannya pun memegang dada.

Patung Budha empat wajah di Surabaya mirip dengan patung Thao Maha Brahma atau disebut Tao Maha Phrom di Altar Erawan, Bangkok, Thailand. 

Sedangkan Klenteng Sanggar Agung Surabaya, memiliki keunikan yakni letaknya yang dekat dengan tepi laut juga patung Kwan Im setinggi 20 meter.

Klenteng ini dibangun untuk dipersembahkan kepada Nan Hai Guan Shi Yin Pu Sa atau Bodhisatwa Kwan Im Laut Selatan.

Hal itu dikarenakan ada seorang karyawan Sanggar Agung yang melihat sesosok wanita berjubah putih berjalan diatas air saat sedang menutup Klenteng pada malam hari. Itulah wisata religi di Pantai Ria Kenjeran Surabaya yang bisa dinikmati oleh wisatawan.(*)

Fotografer : Tria Adha
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Tria Adha

Komentar

Registration