Minggu, 17 Februari 2019
Serba-Serbi

Petani Bunga Bumiaji di Kota Wisata Batu

Petani Bunga Bumiaji di Kota Wisata Batu Lahan pertanian bunga Mawar yang ada di Desa Gunungsari, Baji, Kota Batu. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Petani Bunga Bumiaji di Kota Wisata Batu Petani usai memanen bunga mawar di lahan pertanian bunga Mawar yang ada di Desa Gunungsari, Baji, Kota Batu. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Petani Bunga Bumiaji di Kota Wisata Batu Ratusan tangkai bunga Mawar telah disortir sesuai ukuran batang, ukuran sesuai harga untuk dikirim, di rumah warga yang ada di Desa Gunungsari, Baji, Kota Batu. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Petani Bunga Bumiaji di Kota Wisata Batu Pembeli memilih bunga krisan yang ada di jual secarang langsung oleh petani bunga yang ada di Desa Gunungsari, Baji, Kota Batu. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Petani Bunga Bumiaji di Kota Wisata Batu Lahan pertanian bunga Krisan yang ada di Desa Gunungsari, Baji, Kota Batu. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Petani Bunga Bumiaji di Kota Wisata Batu Petani memilih bunga Mawar sesuai ukuran dan harga jual di Desa Gunungsari, Baji, Kota Batu. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Petani Bunga Bumiaji di Kota Wisata Batu Patenai memeking bunga Mawar yang telah dipanen dan disortir yang ada di Desa Gunungsari, Baji, Kota Batu yang selanjutnya dikirim. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Minggu, 06 Januari 2019 - 16:11

TIMESINDONESIA, BATU – Mayoritas warga yang tinggal di Kecamatan Bumiaji di Kota Wisata Batu adalah petani bunga.
Mereka menanam bunga Mawar, Krisan sampai Aster.

Setiap hari, rutinitas petani bunga di sana adalah merawat, dan memanen untuk kemudian dikirim ke pengepul atau kios-kios penjual bunga.

Mereka menjual bunga Mawar dan Krisan per tangkai panjang Rp 1000. Sedangkan yang bertangkai pendek dijual Rp 500. 

Jenis Mawar yang mereka jual yakni jenis lokal dan Semi Holand.

Adapun bunga Krisan, mereka menjualnya Rp 15.000 perikat. Sedangkan untuk bunga Aster, mereka menjual perikatnya Rp 14.000. 

Pembeli atau pengepul bunga Mawar, bunga Krisan dan bunga Aster asal Kecamatan Bumiaji ini, ada yang dari wilayah Malang Raya. Bahkan dari Bali, Jakarta, Yogyakarta dan Semarang. (*)

Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Adhitya Hendra

Komentar

Registration