Selasa, 23 Oktober 2018
Serba-Serbi

Penting, Menanamkam Nilai Luhur Budaya Sejak Awal

Penting, Menanamkam Nilai Luhur Budaya Sejak Awal Pengendara motor melintas dekat tembok bermural di belakang kampus UIN Malang. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Penting, Menanamkam Nilai Luhur Budaya Sejak Awal Pengendara motor melintas dekat tembok bermural di kawasan flay over kawasan Arjosari. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Penting, Menanamkam Nilai Luhur Budaya Sejak Awal Dalang memainkan wayang saat pagelaran wayang kulit yang di gelar di Balai Kota Among Tani. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Penting, Menanamkam Nilai Luhur Budaya Sejak Awal Tembok bermural topeng wayang malangan yang ada di kawasan flay over kawasan Arjosari. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Penting, Menanamkam Nilai Luhur Budaya Sejak Awal Sejumlah seniman gamelan berlatih di gedung DPRD Kota Malang (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Penting, Menanamkam Nilai Luhur Budaya Sejak Awal
Penting, Menanamkam Nilai Luhur Budaya Sejak Awal Pengendara motor melintas dekat tembok bermural di belakang kampus UIN Malang. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Jum'at, 05 Oktober 2018 - 05:42

TIMESINDONESIA, MALANG – Nilai-nilai luhur budaya bangsa harus terus ditanamkan kepada generasi milenial mulai sejak awal mengingat kuatnya arus dan pengaruh budaya luar yang masuk. Baik yang bersifat positif sampai negatif. Dan yang bersifat membangun sampai yang merusak.

Menanamkan nilai luhur budaya bangsa sebenarnya adalah bagian dari pekerjaan besar untuk membentuk jati diri bangsa. Selanjutnya, kalau jati diri sebuah bangsa terbentuk, maka bangsa tersebut akan dengan mudah menyaring dan sekaligus memanfaatkan budaya luar yang masuk untuk memperkokoh jati diri sebuah bangsa.

Jika sebuah bangsa mampu menyaring dan memanfaatkan budaya luar dengan positif dan arif  maka bangsa tersebut akan menjadi bangsa besar dan berperadaban tinggi pula.

Ini letak penting identitas budaya dan jati diri sebuah bangsa.  

Karena secara luas, tradisi atau budaya yang baik, cenderung memiliki sifat stabil, selaras dan kekal, serta bersumber dari segala kemuliaan dan kemaslahatan maka mempertahankan tradisi atau budaya daerah sangat penting.

Salah satu cara untuk mempertahankan tradisi atau budaya itu adalah dengan mengenalkan sejak awal kepada generasi milenial.

Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Tria Adha

Komentar

Registration