Senin, 22 Oktober 2018
Serba-Serbi

Festival Jailolo

Festival Jailolo Sultan Jailolo Ahmad Abdullah Harianto Sjah memimpin ritual sebelum rombongan menaiki perahu kora-kora untuk digunakan ritual sigofi ngolo (bersih lait). (FOTO : Derry Indra Lantika)
Festival Jailolo Sejumlah penari membawakan tarian soya-soya untuk mengiringi kedatangan Sultan Jailolo Ahmad Abdullah Harianto Sjah di area FTJ. (FOTO : Derry Indra Lantika)
Festival Jailolo Pemangku adat dan warga berada di atas perahu kora-kora menuju pulau Babua untuk melakukan ritual sigofi ngolo. (FOTO : Derry Indra Lantika)
Festival Jailolo Kapal kora-kora menuju ke pulau Babua dikawal dengan kapal kasultanan Jailolo (Foto: Derry Indra Lantika)
Festival Jailolo Kapal kora-kora melakukan ritual doa dan tabur bunga dengan mengelilingi pulau Babua sebanyak tiga kali. (Foto: Derry Indra Lantika)
Festival Jailolo Pagelaran tarian kolosal, Sasadu on the sea, cry Jailolo dan Balabala malampuncak FTJ. (FOTO : Derry Indra Lantika)
Festival Jailolo Pagelaran tarian kolosal, Sasadu on the sea, cry Jailolo dan Balabala malampuncak FTJ. (FOTO : Derry Indra Lantika)
Festival Jailolo Penari membawakan tarian sasadu on the sea, sebagai simbol kerukunan umat beragama, dan bergai macam suku , serta kayanya remapah di Halbar (Foto: Derry Indra Lantika)
Festival Jailolo Sejumlah penari membawakn tarian cakalele dan soya-soya saat FTJ (Foto: Derry Indra Lantika)
Festival Jailolo Sebagai acara penutupan FTJ menampilkan grup band Slank (Foto: Derry Indra Lantika)
Sabtu, 05 Mei 2018 - 08:00

TIMESINDONESIA, HALMAHERA BARAT – Dari sejumlah "surga tersembunyi" di Indonesia, Teluk Jailolo di Halmahera Barat adalah salah satunya.

Teluk Jailo yang sudah ditetapkan sebagai kawasan segitiga terumbu karang dunia ini sudah menjadi tujuan utama destinasi wisata bagi penikmat dan pemuja keindahan bawah laut.

Terletak diantara pulau Ternate, Tidore dan Pulau Halmahera, teluk ini menjadi salah satu tempat yang masih menyimpan keharmonisan dan kehidupan aneka ragam biota bawah laut.

Dengan perpaduan kearifan budaya lokal masyarakat yang tinggal di wilayah Teluk Jailo dalam menjaga kelestarian alamnya, membuat keindahan Teluk Jailo ini semakin lengkap.


Festival Teluk Jailolo (FJT) yang diselenggarakan setiap tahun itu, adalah salah satu bukti dan daya tarik keindahan Teluk Jailo yang sangat lengkap itu.

FTJ yang ajeg menyuguhkan gelar seni Budaya Moloku Kie Raha; upacara adat dan ritual budaya lokal; gelar kuliner tradisional; dan panggung budaya itu sekarang dijadikan daya tarik promosi wisata Halmahera Barat. 


Sebenarnya, FJT sudah digelar sejak 2009. Pada FJT 2018 kali adalah kali ke-10 Halmahera Barat menyelenggarakan festival ini. 

Dalam rangkaian acara kegiatan festival kali ini, grup musik Slank akan jadi acara penutup Fetival Teluk Jailolo 2018. 

Fotografer : Jurnalis Magang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Tria Adha

Komentar

Registration