Foto

Elang Bondol Pemburu Aktif

Jumat, 04 Mei 2018 - 13:25 | 264.99k

TIMESINDONESIA, BATAMElang Bondol atau Elang Kepala Putih (Haliaeetus leucogaster) terbang di langit Tanjung Piayu, Kecamatan Sungai Beduk, kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. 

Elang yang memiliki sayap lebar ketika membentang ini, ekornya pendek dan membulat. Ada warna putih pada bagian kepala hingga dada dan coklat pirang di bagian tubuh, sayap hingga ekornya.

Burung yang tergolong burung pemangsa ini memburu semua binatang berukuran kecil seperti ikan, kepiting, kerang, katak, pengerat, reptil, dan bahkan serangga untuk menyambung hidupnya.. 

Dari ketinggian sekitar 20-50 meter, dengan matanya yang tajam, elang ini melakukan perburuannya. 

Elang yang sering ditemukan di sekitar pelabuhan, pesisir dan acap juga di sekitar tempat pengolahan ikan ini, menerkam dengan cepat mangsanya di atas permukaan air dan daratan dengan cakarnya yang kokoh.

Yang menarik, Elang Bondol ini memakan hasil tangkapannya saat terbang. Dugaannya, hal itu dilakukan untuk menghindari mangsanya dicuri binatang atau burung lain yang lebih besar tubuhnya darinya.

Elang Bondol juga bukan pemangsa yang pasif. Burung ini terkadang menyerang burung lainya seperti burung camar, dara laut, burung air besar, dan burung pemangsa lain yang lebih kecil untuk mencuri makanan.


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Faizal R Arief
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES