Minggu, 16 Desember 2018
Cerita

Jawa Timur Penghasil Susu dengan Kualitas Bagus

Jawa Timur Penghasil Susu dengan Kualitas Bagus Peternak sapi perah melakukan pembersihan kandang sebelum dilakukan penmerahan susu, di Desa Songgoriti, Kota Batu. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Jawa Timur Penghasil Susu dengan Kualitas Bagus Peternak sapi perah melakukan pemasangan alat pemerahan susu otomatis, di Desa Songgoriti, Kota Batu. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Jawa Timur Penghasil Susu dengan Kualitas Bagus Peternak sapi perah melakukan pemasangan alat pemerahan susu otomatis, di Desa Songgoriti, Kota Batu. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Jawa Timur Penghasil Susu dengan Kualitas Bagus Peternak sapi perah membawa tabung berisi susu untuk disetorkan ke koprasi susu, di Desa Songgoriti, Kota Batu. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Jawa Timur Penghasil Susu dengan Kualitas Bagus Peternak sapi perah memindahkan susu untuk dibawa ke koperasi susu, di Desa Songgoriti, Kota Batu. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Jawa Timur Penghasil Susu dengan Kualitas Bagus Aturan dan petunjuk waktu penerimaan susu di koperasi, Desa Songgoriti, Kota Batu. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Jawa Timur Penghasil Susu dengan Kualitas Bagus Peternak sapi perah membawa susu dengan mengunakan motor ke koperasi susu, di Desa Songgoriti, Kota Batu. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Jawa Timur Penghasil Susu dengan Kualitas Bagus Peternak sapi perah membawa susu dengan mengunakan motor melintasi area pemakaman, di Desa Songgoriti, Kota Batu. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Jawa Timur Penghasil Susu dengan Kualitas Bagus Sejumlah peternak sapi perah membawa hasil pemerahan sore hari di koperasi, Desa Songgoriti, Kota Batu. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Jawa Timur Penghasil Susu dengan Kualitas Bagus Petugas melakukan penegcekan kadar lemak (FAT) dan berat jenis (BJ) dari para peternak sapi perah di koperasi susu, di Desa Songgoriti, Kota Batu. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Kamis, 12 April 2018 - 16:33

TIMESINDONESIA, BATU – Beberapa daerah di Jawa Timur adalah produsen susu dengan kualitas yang cukup bagus. Berdasarkan indikator angka kuman atau Total Plate Count (TPC), kualitas susu di Jawa Timur, adalah terbaik nasional.

Untuk mencapai angka TPC yang bagus, tidak lepas dari kerjasama peternak sapi perah dengan pihak koperasi yang menopang kesejahteraan peternak sehingga produktifitasnya tetap bisa terjaga.

Adapun soal jenis sapi, para peternak sapi perah kebanyakan memilih sapi perah jenis FH. Berdasarkan pengakuan sejumlah peternak, sapi jenis ini memiliki kualitas dan kuantitas susu yang bagus.

Disamping itu, sapi jenis ini sangat cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, dan memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik terhadap sejumlah penyakit.

Seekor sapi perah biasanya siap untuk memroduksi susu rata-rata pada usia 2,5 sampai 3 tahun. Untuk usia 12 sampai 15, kalau cara perawatannya bagus, masih bisa berproduksi namun tidak seperti ketika berusia muda.

Biasanya, proses pemerahan susu dilakukan dua kali sehari, pada pagi hari dan sore hari. 

Hasil perahan susu yang diperoleh berbeda, untuk pagi hari rata-rata satu ekor sapi bisa menghasilkan 15-20 liter.  Untuk sore hari sekitar 10-15 liter. Namun jumlah tersebut sangat tergantung dari bagaimana pola perawatan sapi.

Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Adhitya Hendra

Komentar

Registration