Kamis, 22 Februari 2018
Cerita

Hari Primata Nasional

Hari Primata Nasional Potred Indukan Pejantan Baboon, yang ada di Batu Secret Zoo, Batu, Jawa Timur. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Hari Primata Nasional Indukan betina Baboon menggendong anaknya, yang ada di Batu Secret Zoo, Batu, Jawa Timur. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Hari Primata Nasional Indukan Baboon dan anaknya yang digendong, yang ada di Batu Secret Zoo, Batu, Jawa Timur. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Hari Primata Nasional Potred indukan betina Ring Tailed Lemur yang ada di Batu Secret Zoo, Batu, Jawa Timur. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Hari Primata Nasional Potred indukan betina Ring Tailed Lemur yang menggendong anaknya di Batu Secret Zoo, Batu, Jawa Timur. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Hari Primata Nasional Potred indukan betina Ring Tailed Lemur saat makan buah, di Batu Secret Zoo, Batu, Jawa Timur. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Hari Primata Nasional Kipper memeberikan makanan Squirel Monkey yang ada di Batu Secret Zoo, Batu, Jawa Timur. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Hari Primata Nasional Indukan betina Squirel Monkey menggendong anaknya, yang ada di Batu Secret Zoo, Batu, Jawa Timur. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Hari Primata Nasional Indukan betina Squirel Monkey menggendong anaknya, yang ada di Batu Secret Zoo, Batu, Jawa Timur. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Selasa, 30 Januari 2018 - 18:04

TIMESINDONESIA, MALANG – Batu Secret Zoo (Jatim Park 2) pamerkan tiga koleksi primata barunya yakni Ring Tailed Lemur, Squirel Monkey dan Baboon, Selasa (30/1/2018). 

Batu Secret Zoo yang juga menjadi salah satu tempat konservasi yang ada di wilayah kota Batu, Jawa Timur ini, merasa perlu untuk memamerkan koleksi baru primatanya ini untuk menyambut Hari Primata Nasional yang jatuh pada tanggal 30 Januari 2018. 

Di samping itu, Batu Secret Zoo juga punya tanggung jawab moral untuk membentuk kesadaran masyarakat dalam melestarikan dan menjaga habitat primata di alam liar. Karena sampai saat ini masih banyak perburuan liar dan perdagangan bebas terhadap primata, terutama primata langka.

Sekadar informasi, dari 600 spesies dan subspesies primata yang ada di dunia, lebih dari 40 spesies ditemukan dan ada di Indonesia.


Dan Batu Secret Zoo berhasil mengembangbiakkan tiga jenis primata langka yang saat ini dipamerkan ke masyarakat itu.

Semula Baboon hanya ada dua ekor, pejantan dan betina. Saat ini bertambah menjadi tiga ekor. 

Untuk Ring Tailed Lemur, sebelumnya ada delapan ekor. Sekarang primata asli dari Madanggaskar ini bertambah jumlahnya menjadi sembilan ekor.

Sedangkan Squirel Monkey, primata yang habitat penyebarannya ada di Amerika Selatan dan Tengah ini, sebelumnya berjumlah tujuh ekor. Kini menjadi delapan ekor.

Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Ekki
Publisher : Tria Adha

Komentar

Registration