Wisata

7 Wisata Danau Termenawan di Provinsi Kalimantan Tengah

Selasa, 28 Juli 2020 - 05:26 | 736.30k
Danau Biru Tewang. (FOTO:  Blogger Kalteng)
Danau Biru Tewang. (FOTO: Blogger Kalteng)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Provinsi Kalimantan Tengah juga memiliki tempat wisata yang indah dan menawan.  Provinsi ini pun memiliki danau-danau yang bisa dijadikan referensi wisata oleh para wisatawan.  Berikut tujuh danau yang terdapat di provinsi Kalimantan Tengah:

1. Danau Biru Tewang

Dikenal dengan nama Danau Biru Tawang berawal dari terdapat lubang dengan  ukuran yang besar dengan air berwarna kebiruan. Masyarakat setempat akhirnya menamainya dengan sebutan Danau Biru Tawang menyebutnya. Wisata alam tersebut menjadi tempat yang sangat menarik karena keindahannya tiap harinya tak pernah sepi apalagi ketika hari libur semakin bertambah banyak pula masyarakat berwisata di sana. 

Danau-Biru-Tewang-2.jpgSumber foto: tempatwisata.pro

2. Danau Sanggu

Danau Sanggu berletak jauh dari Danau Malawen. Di sana terdapat wahana air dan wahana bermain anak. Di Danau Sanggu juga tak kalah ramai seperti Danau Biru Tewang. Danau Sanggu memiliki kemenawan yang begitu indah dimana nama danau ini diambil dari nama desa tempat danau ini berada. 

Danau-Sanggu842a09dbdb3d25bb.jpgSumber foto: kompasiana

3. Danau Malawen

Danau Melawen memiliki kemiripan dengan Danau tetangganya yaitu Danau Sanggu. Kemiripan tersebut tak lain adalah wahana yang di dapati di sana. Di sana juga terdapat sebuah taman yang indah dan subur ditanami oleh aneka jenis anggrek-angrekan.  

Danau-Malawen92441f828e741826.jpgSumber foto: borneonews

4. Danau Tahai

Danau Tahai adalah sebuah danau kecil yang terletak di Kota Palangkarya. Di sana terdapat banyak jembatan kayu yang dapat kita lewati dengan aman sehingga tidak perlu khawatir tenggelam di air gambut. Danau Tahai memiliki sesuatu yang khas yang tak dapat kalian jumpai di tempat manapun yaitu air yang berwarna kemerahan dikarenakan akar pohon di lahan gambut. 

Danau-Tahai18a9c32aa894c36e.jpgSumber foto: wikipedia

5. Danau Sadar

Danau Sadar juga masih tetangaan dengan Danau Sanggu dan Danau Melawen, lokasinya tak begitu jauh dari dua danau tersebut. Danau ini biasanya dimanfaatkan warga setempat untuk menggelar perlombaan dayung sehingga di sekitaran danau dapat dijumpai tribun untuk penonton lomba. Air di danau ini berwarna kehitaman. 

Danau-Sadar8defb22ca8846236.jpgSumber foto: blogspot

6. Danau Sembuluh

Danau sembuluh ini merupakan danau tersbesar yang ada di Kalimantan Tengah. Di kala musim kemarau, pinggiran kawasan Danau Sembuluh ini terdapat pasir putih yang biasanya digunakan untuk bermain serta fotografi sehingga menambah keindahan Danau ini. Selain menjadi tempat wisata dan berlabuh Danau Sembuluh ini mempunyai potensi dalam bidang perikanan. 

Danau-Sembuluh2549cc5105715e92.jpgSumber foto: republika

Danau Sebangau mempunyai letak yang strategis yaitu di Kota Palangka Raya. Danau Sebangau ini menjadi tempat kecintaan warga setempat. Lokasinya dekat dengan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah sehingga Danau Sebangau ini menjadi opsi utama bagi orang singgah di Kota Palangka Raya. 

Danau-Sebangaudb79c30268da80cd.jpgSumber foto: tribunnews

Tertarik untuk menikmati fakta keistimewaan Provinsi Kalimantan Tengah? Yuk segera luangkan waktu berlibur ke wilayah ini. (*)

Edisi-Selasa-28-juli-2020-danau-kalteng.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES