Peristiwa Daerah

Pemkot Surabaya Upayakan Bilik Sterilisasi untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Kamis, 19 Maret 2020 - 22:58 | 63.95k
Proses pengerjaan bilik sterilisasi untuk Kota Surabaya (Foto: IT Telkom untuk TIMES Indonesia)
Proses pengerjaan bilik sterilisasi untuk Kota Surabaya (Foto: IT Telkom untuk TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Untuk pencegahan menyebarnya Covid-19, Pemerintah Kota Surabaya menggandeng Institut Teknologi Telkom Surabaya untuk menciptakan Sterillization Chamber atau bilik sterilisasi.

Bilik sterilisasi ini berfungsi untuk menyemprotkan uap disinfektan ke seluruh tubuh seseorang sehingga bersih dari virus, bakteri atau pun kuman.

bilik-sterilisasi-2.jpg

Bilik sterilisasi ini mempersempit peluang seseorang untuk menyebarkan virus  dibandingkan hanya dengan cuci tangan atau penggunaan hand sanitizer. Sebab cuci tangan dan hand sanitizer hanya mampu membunuh virus yang ada di bagian tangan saja.

bilik-sterilisasi-3.jpg

Pengerjaan prototipe sudah dimulai hari Selasa (17/3/2020). "Rabu kemarin sudah demo ke Bu Risma, kemudian dapat masukan. Sekarang progressnya menyempurnakan," jelas Rizqa Amelia Zunaidi dosen Teknik Industri, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri IT Telkom.

Wali Kota Tri Rismaharini memberikan apresiasinya. Pengerjaan bilik sterilisasi ini terbilang sangat cepat. Hanya dalam waktu satu hari satu malam.

Dalam situasi bencana nasional Covid-19, kota Surabaya sampai hari ini, Kamis (19/3/2020) telah memiliki enam orang pasien positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Universitas Airlangga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES