Tekno

Menggunakan Ponsel Sebelum Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes, Benarkah?

Kamis, 05 Desember 2019 - 07:06 | 125.99k
Menggunakan ponsel sebelum tidur memiliki banyak risiko
Menggunakan ponsel sebelum tidur memiliki banyak risiko

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Studi terbaru menyebut, menggunakan ponsel sebelum tidur juga dapat berkontribusi pada peningkatan kadar gula darah. Banyak yang tidak menyadari kebiasaan ini merupakan pemicu diabetes.

Melansir CNN Indonesia, studi yang dipublikasikan dalam jurnal Physiology & Behavior, menunjukkan bahwa peningkatan kadar gula darah terjadi akibat paparan cahaya buatan dari perangkat elektronik di malam hari atau sesaat sebelum tidur.

"Bahkan pada level yang Anda anggap tidak berbahaya, paparan cahaya elektronik pada malam hari dapat memicu sejumlah masalah kesehatan," kata Kathryn Russart, seorang peneliti postdoctoral di Ohio State University Wexner Medical Center Columbus, seperti dikutip dari Daily Express

Ia menjelaskan bahwa cahaya di malam hari adalah pengganggu endokrin.

Russart menjelaskan, paparan cahaya buatan dari ponsel di malam hari dapat mengganggu ritme sirkadian atau ritme alami tubuh yang berjalan selama 24 jam mengikuti cahaya matahari.

Paparan cahaya buatan dari perangkat elektronik membuat tubuh 'terkecoh' antara malam dan siang. Itu sebabnya, menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur seperti ponsel, tab, laptop, atau televisi dapat membuat seseorang sulit tidur nyenyak.

Tak hanya itu, paparan tersebut juga dapat mengganggu tubuh dalam mengelola ritme hormon dalam jaringan endokrin. Gangguan endokrin yang paling umum ialah diabetes.

"Ketika otak terpapar cahaya pada malam hari, jam internal menjadi terganggu sehingga lebih sulit untuk tertidur dan menyebabkan perubahan hormon pada tubuh yang memicu lonjakan gula," jelas Russart.

Para ahli menyarankan, agar terhindar dari masalah kesehatan seperti diabetes, orang harus membatasi paparan cahaya kurang dari lima lux di malam hari untuk menjaga ritme sirkadian tetap sinkron. Menggunakan ponsel sebelum tidur dapat membuat tubuh terkena cahaya hingga 40 lux. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES