Peristiwa Daerah

Kader PKK dan Pelajar Probolinggo Dilatih Siaga Bencana Kebakaran

Kamis, 21 November 2019 - 11:45 | 39.29k
Peragaan pemadaman api oleh petugas damkar. (FOTO: Welly Humas for TIMES Indonesia)
Peragaan pemadaman api oleh petugas damkar. (FOTO: Welly Humas for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Bahaya bencana kebakaran, mengintai saat musim kemarau seperti saat ini. Guna meningkatkan kewaspadaan, Pemkot Probolinggo mengajak kader PKK dan pelajar, untuk berlatih menangani kebakaran.

Pelatihan itu, dilakukan Dinas Satpol PP setempat untuk memberikan wawasan dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran di lingkungan sekitar.

Kepala Dinas Satpol PP, Agus Effendi menyebut, upaya pencegahan kebakaran harus selalu disosialisasikan di setiap pertemuan. “Agar semakin banyak masyarakat yang paham bahaya kebakaran. Sehingga punya kewaspadaan untuk mencegah kebakaran,” katanya, Kamis (21/11/2019).

Berdasarkan data, rata-rata kebakaran di pemukiman penduduk terjadi karena konsleting listrik. 40 Persen karena kompor atau tumang, yang lupa dimatikan saat ibu-ibu meninggalkan rumah. Sosialisasi juga akan disandingkan dengan penerapan Probolinggo Siaga 112. Sebagai program inovasi jalur khusus untuk menghubungi damkar, saat terjadi kebakaran.

Kegiatan itu semakin menarik saat ada fashion show petugas pemadam kebakaran yang mengenakan kelengkapan tugas saat memadamkan api. Peragaan fire fighter meliputi nozzle man yang terdepan saat mematikan api, lalu petugas berbaju tahan api dari bahan aluminium untuk memadamkan api yang besar. Kemudian petugas pemadam mengenakan oksigen yang bertugas memasuki ruangan penuh asap.

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin menyebut, PKK dan pelajar diharapkan bisa melakukan pencegahan agar tidak terjadi kebakaran. “Tolong disosialisasikan ke masyarakat terkait informasi yang disampaikan ini. Bagaimana langkah dan tahapan pencegahan serta caranya,” tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES