Pendidikan

Telkomsel dan Amman Mineral Siapkan Pelajar Sumbawa Barat Hadapi Industri 4.0

Kamis, 21 November 2019 - 10:25 | 88.30k
Telkomsel bekerjasama dengan perusahaan air minum Nusa Tenggara Timur (NTT), Amman Mineral menggelar pelatihan literasi digital bertajuk 'Bijak dan Pintar Memanfaatkan Media Sosial di Era Industri 4.0'.(foto: Telkomsel Bali Nusra)
Telkomsel bekerjasama dengan perusahaan air minum Nusa Tenggara Timur (NTT), Amman Mineral menggelar pelatihan literasi digital bertajuk 'Bijak dan Pintar Memanfaatkan Media Sosial di Era Industri 4.0'.(foto: Telkomsel Bali Nusra)

TIMESINDONESIA, DENPASARTelkomsel bekerjasama dengan perusahaan air minum Nusa Tenggara Timur (NTT), Amman Mineral menggelar pelatihan literasi digital bertajuk 'Bijak dan Pintar Memanfaatkan Media Sosial di Era Industri 4.0'.

Pelatihan yang diikuti oleh 500 siswa dan siswi SMKN 1 Maluk dan SMAN 3 Sekongkang berlangsung di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan ‘Belajar Bareng Amman’ ini telah digelar beberapa kali sebelumnya dengan topik yang sesuai bagi sejumlah pemangku kepentingan, baik pemerintah, jurnalis, maupun mahasiswa.

Telkomsel-Amman-Mineral-2.jpg

“Perkembangan teknologi digital saat ini memberi beragam manfaat untuk mengasah daya kreativitas anak muda, tapi sekaligus bisa memberikan dampak negatif jika mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup," kata Baiq Idayani, Superintendent Media Relations & Special Projects Amman Mineral, dalam keterangan pers Telkomsel Bali Nusra.

Baiq menyampaikan bahwa Amman Mineral memberikan pelatihan dan materi literasi digital, untuk memberikan inspirasi bagi anak-anak di lingkar tambang untuk menggali kreativitas diri dengan perangkat digital yang dimiliki, tapi juga mawas diri akan potensi dampak yang ditimbulkan.

Pelatihan ini membahas tentan pentingnya literasi digital. Baiq menyampaikan jika kurang adanya literasi digital makan akan mengakibatkan remaja mudah terpapar efek negatif media sosial maupun dari perangkat digital yang dimiliki, seperti kesalahan menelaah informasi, kecanduan media sosial, menjadi korban di dunia maya, hingga penyalahgunaan data pribadi yang bisa mengancam jiwa.

Para siswa juga diperkenalkan dengan berbagai cara positif untuk mengaktualisasi diri dengan perangkat digital dan media sosial yang dimiliki dan didorong untuk menciptakan suatu karya kreatif yang bisa berdampak ekonomi bagi diri sendiri, seperti tips menggunakan smartphone untuk menghasilkan karya foto maupun video.

Kekayaan obyek-obyek wisata dan kuliner yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat menjadi salah satu potensi yang patut dipublikasikan oleh para siswa melalui berbagai platform media sosial. 

GM External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim, mengatakan sebagai perusahaan yang bertransformasi menjadi digital telco company, Telkomsel berkomitmen untuk selalu siap mengakselerasikan negeri dengan mengembangkan ekosistem digital di Indonesia.

"Telkomsel memanfaatkan kemahiran teknologi informasi dan digital untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui program CSR. Pelatihan ini merupakan bagian dari pilar CSR Telkomsel, yaitu Masyarakat Digital," katanya.

Ia juga menyampaikan tujuan dari pilar CSR ini adalah Telkomsel berkontribusi untuk mendorong penggunaan teknologi secara positif yang berdampak pada pengembangan karakter dan kualitas sumber daya manusia agar dapat memanfaatkan internet untuk kegiatan produktif yang mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia.

Selain itu, kerjasama Telkomsel dan Amman Mineral ini juga akan berlanjut dengan menggelar pelatihan pemantapan materi dan bedah SKL (Standar Kompetensi Lulusan) bagi Guru SMA/MA dan SMK yang ada di 3 kecamatan lingkar tambang. Ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing siswa di lingkar tambang Batu Hijau dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan keterbukaan akses penerimaan siswa di perguruan tinggi ternama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES