Glutera News

Mengapa Ada Pria yang Mudah Lelah Saat Bekerja?

Kamis, 21 November 2019 - 12:05 | 394.23k
(FOTO: Glutera News)
(FOTO: Glutera News)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai kepala keluarga, pria akan lebih banyak menghabiskan harinya untuk bekerja setiap harinya. Dari pagi hingga sore pria akan bekerja di kantor atau mungkin di luar ruangan untuk mendapatkan uang. Dengan beban kerja yang cukup banyak, seorang pria harus mampu menjaga kondisi tubuhnya agar tidak mudah lelah setiap harinya.

Sayangnya, banyak sekali pria yang mudah sekali lelah saat bekerja. Bahkan, kondisi ini bisa memengaruhi produktivitasnya. Beberapa pria bahkan memutuskan untuk mencari pekerjaan lain yang membuat mereka tidak mudah lelah dan masih bisa bergerak dengan bebas.

Penyebab Pria Mudah Lelah

1. Jarang sekali bergerak

Penyebab utama mengapa pria jadi mudah lelah adalah jarang sekali bergerak. Kalau Anda bekerja di luar ruangan mungkin akan mudah sekali bergerak dan melakukan olahraga secara tidak langsung. Namun, kalau bekerja di dalam ruangan, kemungkinan besar akan susah bergerak dan akhirnya lebih banyak duduk dan mudah lelah.

Kondisi ini menimpa banyak sekali pria yang lebih banyak bekerja di kantor. Kalau Anda bekerja di sana, sebisa mungkin untuk tetap bergerak, minimal saat jam istirahat jalan kaki saat mencari makan atau sekadar berjalan-jalan.

2. Makan sembarangan

Bekerja di dalam kantor akan menyulitkan Anda untuk makan siang. Biasanya pria akan makan apa saja yang diberikan tanpa mempertimbangkan nilai gizi dan efeknya. Asal kenyang akan tetap dimakan hingga habis. Makan sembarangan akan menyebabkan penimbunan lemak dan membuat Anda mengalami obesitas dan menjadi sakit.

3. Mengalami gangguan tidur

Gangguan tidur seperti sleep apnea akan menyebabkan Anda kekurangan waktu tidur setiap harinya. Normalnya kita tidur selama 6-8 jam setiap hari. Kalau terkena sleep apnea, jam tidurnya akan berkurang hingga menjadi 5 jam atau bahkan kurang dari itu sehingga saat siang tiba, Anda jadi mudah sekali lemas dan lelah. Terkadang rasa kantuk justru muncul saat harus bekerja.

4. Menurunnya kadar testosteron

Kadar testosteron di dalam tubuh pria bisa naik atau bahkan anjlok dengan signifikan. Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa hal salah satunya adalah  kegemukan. Kalau Anda mengalami penurunan kadar testosteron di dalam tubuh, libido akan anjlok dan perasaan mudah kekah muncul.

5. Gangguan pada tiroid

Gangguan tiroid seperti rendahnya hormon yang dihasilkan bisa menyebabkan rasa lelah berlebihan. Tiroid memengaruhi metabolisme pada tubuh. Kalau metabolismenya rendah, kemungkinan tubuh kekurangan kalori dan jadi lemas akan besar.

6. Gangguan pada darah

Tekanan darah rendah dan anemia juga bisa membuat pria jadi mudah lemas, lelah, dan sering mengalami pusing yang berlebihan. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi daging dan juga suplemen penambah darah.

7. Stres yang berlebihan

Stres yang berlebihan karena pekerjaan juga menyebabkan masalah pada tubuh pria. Selain merasa malas melakukan apa saja, kemungkinan terjadi gangguan pada tubuh seperti lelah yang berlebihan semakin tinggi. Stres ini bisa berupa stres secara fisik dan juga stres pikiran karena banyak tekanan pekerjaan.

Cara Mengatasi Tubuh yang Mudah Lelah

Tubuh pria mudah lelah bukan tanpa sebab. Seperti yang sudah dibahas di atas, rasa lelah bisa muncul karena kondisi fisik dan non fisik. Kalau Anda tidak ingin mengalaminya atau mengatasinya, praktikkan beberapa cara berikut ini.

• Tetap lakukan olahraga secara rutin setiap paginya. Olahraga yang dilakukan tidak harus yang terlalu intens. Jogging ringan selama 10-15 menit saja sudah cukup asal tubuh sudah berkeringat dan teras panas.

• Pola makan harus dijaga dengan baik. Bisa jadi Anda tetap makan secara rutin, tapi tidak selalu sehat. Misal terlalu banyak minyak dan santan. Sebisa mungkin memasak sendiri di rumah. Kalau tidak bisa melakukannya perbanyak sayuran dan lauk yang aman dikonsumsi.

• Tidur harus tetap dijaga waktunya. Dalam satu hari usahakan untuk tidur minimal 6 jam. Jangan tidur terlalu malam atau begadang setiap harinya.

• Kalau merasa mengantuk di kantor, curi waktu tidur selama 15 menit saat istirahat untuk tidur kilat.

• Kalau bekerja di kantor dan lebih banyak duduk, ada baiknya untuk sesekali jalan kaki dan melakukan peregangan.

• Sesekali lakukan relaksasi. Terkadang rasa lelah berlebihan bisa muncul karena stres yang berlebihan.

• Asupan nutrisi yang tepat, sebagaimana glutera nitric oxide yang dikonsumsi 30 menit sebelum memulai aktivitas. Akan memberikan hasil berbeda, bedan tidak mudah lelah. Dan kesehatan jantung tetap terjaga.

Pria memang mudah sekali lelah saat bekerja. Meski demikian, kalau pria masih mampu menjaga kesehatannya, memperhatikan pola makan, dan tidur, kondisi ini bisa dihindari. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda agar tidak mudah lelah saat bekerja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES