Peristiwa Daerah

Polres Malang Meraih Penghargaan Terbaik, Kemenpan RB: Sukses Terapkan Promoter

Rabu, 20 November 2019 - 22:44 | 92.74k
Polres Malang sukses mendapatkan penghargaan pelayanan publik dengan kategori 'Pelayanan Prima' yang langsung diberikan oleh Menpan RB.
Polres Malang sukses mendapatkan penghargaan pelayanan publik dengan kategori 'Pelayanan Prima' yang langsung diberikan oleh Menpan RB.

TIMESINDONESIA, MALANGPolres Malang sukses mendapatkan penghargaan pelayanan publik dengan kategori 'Pelayanan Prima' yang langsung diberikan oleh Menpan RB, Tjahjo Kumolo, kepada Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, SH,SIK,MSi. Pihak menilai, Polres Malang sukses terapkan Promoter.

Dari sebanyak 207 jajaran Polres seluruh Indonesia, Polres Malang meruapakan salah satu peraih nilai tertinggi diantara 6 Polres yang berhasil mendapatkan kategori 'Pelayanan Prima' yang merupakan nilai tertinggi dari hasil evaluasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Kementerian PAN RB RI.

Polres-Malang-promoter-2.jpg

Menurut Deputi Bidang Pelayanan Publik Prof Dr Diah Natalisa, M.B.A dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa evaluasi pelayanan publik dilaksanakan kepada 207 Polrestro, Polrestabes, Polresta atau Polres dalam kurun waktu April-Oktober 2019.

Evaluasi ini katanya, selain turun langsung ke lapangan, juga dilaksanakan secara online melalalui aplikasi SIPP.menpan.go.id/webcontrol. 

Adapun instrumen index pelayanan publik bebernya, meliputi aspek Kebijakan Pelayanan; Profesionalisme SDM; Sarpras; SIPP; Konsultasi dan pengaduan; Serta Inovasi. 

Tujuan penilaian tambahnya, diharapkan menjadi percontohan bagi Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dan Instansi Pemerintah lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat. 

"Terdapat 14 item komponen standar pelayanan yang dinilai," jelasnya.

Polres-Malang-promoter-3.jpg

Sementara itu, menurut Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo, bahwa tugas utama Kemenpan RB salah satunya adalah meningkatkan pelayanan publik pada pemerintahan. 

"Dan polisi adalah pelayan publik sehingga Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan bagian dari pemerintahan yang harus meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat," jelasnya. 

Polri dan khususnya Polres Malang, dengan Promoternya kata dia, dinilai telah mampu memberikan hasil yang cukup bagus dalam memberikan pelayanan publik. "Hal ini perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan. Yang mendapatkan penghargaan telah sukses terapkan Promoter," akunya.

Sesuai tuntutan zaman katanya, maka pelayanan itu harus cepat, adil dan siap menerima sorotan dari masyarakat yang dilayani. "Karena kunci keberhasilannya adalah kepercayaan masyarakat dalam pelayanan publik," tegasnya. 

Polri diharapkan tambah Tjahjo, bisa mewujudkan visi Presiden RI 2019-2024 untuk mewujudkan SDM yang unggul dan upaya mempercepat reformasi birokrasi. 

"Maka, Polri harus responsif dan cepat dalam pelayanan publik dengan berbagai inovasinya sehingga bisa terwujud dan berhasil," jelasnya.

Adapun penghargaan yang diraih oleh Polres Malang tersebut merupakan ketiga kalinya dan sebelumnya didapat pada tahun 2017 dan 2018 dengan nilai A- (Sangat Baik) dan Untuk tahun 2019, meningkat menjadi A (Pelayanan Prima).

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung saat dimintai tanggapan mengatakan, bahwa penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh personel Polres Malang dalam memberikan pelayanan publik. 

Dia berharap bahwa penghargaan dari Kemenpan RB tersebut, bisa menjadi reminder dan pemicu semangat seluruh anggota di Polres Malang untuk mempertahankan dan semakin meningkatkan pelayanan khususnya kepada masyarakat Kabupaten Malang, sesuai dengan Promoter(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES