Olahraga

Platina FC Raih 3 Poin pada Pertandingan Perdana di Liga 1 Kota Kupang

Rabu, 20 November 2019 - 23:12 | 187.69k
Foto bersama para pemain Platina FC bersama pelatih, manager dan sponsor sebelum pertandingan (Foto: Yohanis Tkikhau/Times Indonesia)
Foto bersama para pemain Platina FC bersama pelatih, manager dan sponsor sebelum pertandingan (Foto: Yohanis Tkikhau/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, KUPANG – Tim Platina FC meraih 3 poin dalam laga perdana turnamen Liga 1 tahun 2019 yang diselenggarakan oleh PSSI Kota Kupang. Platina FC memastikan 3 poin tersebut setelah mengalahkan tim Star Ball FC pada pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Merdeka Kota Kupang, Rabu (20/11/2019). 

Pertandingan berlangsung sangat ketat. Pelatih tim Platina FC, Helmon Liko berkali-kali meneriaki para pemainnya dari pinggir lapangan. Rupanya arahan sang pelatih diterima dengan baik oleh para pemain. Dentox, sang kapten dari Platina FC memecah kebuntuan skor dengan melesakkan sebuah gol ke gawang lawan di babak pertama. 

Pertandingan pun semakin sengit. Setelah unggul satu gol, pemain nomor punggung 6 dari Platina FC, harus menerima hadiah kartu kuning karena melanggar keras pemain Star Ball FC. 

Skor 1: 0 pun bertahan sampai wasit meniup pluit panjang, pertanda pertandingan di babak yang pertama telah berakhir. 

Memasuki babak yang kedua, Star Ball FC mencoba untuk bangkit mengejar ketertinggalan. Bertubi-tubi para pemain Star Ball mencoba membobol gawang Platina FC. Serangan terus dibangun untuk membobol pertahanan dari Platina FC. Namun serangan-serangan tersebut belum mampu membuahkan hasil. 

Dewi Fortuna rupanya lebih berpihak kepada tim Platina FC. Lagi-lagi para pemain Star Ball FC harus tertunduk lesu menatap gawangnya kebobolan untuk yang kedua kalinya. Ary, pemain bernomor punggung 9 dari Platina FC kembali mempercundangi penjaga gawang Star Ball FC. 

Star Ball FC juga harus bertahan dengan sepuluh orang pemain setelah salah satu pemainnya harus menerima hukuman kartu merah. Yogi pemain nomor punggung 16 dengan posisi center bek harus meninggalkan lapangan pertandingan setelah dengan keras menyiku Ryan, pemain bernomor punggung 17 dari Platina FC. 

Sesusai pertandingan, Pelatih Platina FC Helmon Liko kepada media ini mengatakan  bahwa dirinya sangat bersyukur timnya mampu mengamankan 3 poin pada pertandingan perdana tersebut. 

Helmon mengatakan bahwa saat penampilan para pemainnya belum maksimal karena ada beberapa pemain yang berada diluar Kota Kupang. Ia berharap pertandingan berikutnya dapat menurunkan tim dengan formasi yang lengkap. 

Terkait target pada Liga 1 tahun 2019 ini, Helmon menyampaikan bahwa tim Platina FC yang disponsori anggota DPRD Kota Kupang, Jeftha Sooai, ia tidak punya target muluk-muluk diawal-awal. Ia selalu menyampaikan kepada para pemain untuk fokus dalam bertanding dan menghindari zona degradasi. Setelah keluar dari zona degradasi, tentunya ia juga selalu melirik setiap peluang yang ada. 

"Kita hindari dulu zona degradasi. Setelah itu kita juga pasti melirik setiap peluang yang ada", ujar Helmon. 

Terpisah, Lukman Hakim, Ketua Bidang Kompetisi dan perwasitan PSSI Kota Kupang mengatakan bahwa turnamen Liga 1 tersebut diikuti oleh 8 tim yang terdaftar di PSSI Kota Kupang.

"Sebenarnya ada 10 tim namun 2 tim mengundurkan diri sebelum pertandingan. Dan dua tim itu kita hapus dari daftar keanggotaan PSSI Kota Kupang", jelas Lukman. 

Ia mengatakan bahwa pertandingan Liga 1 digelar dengan skema stengah kompetisi, ditargetkan selesai pada tanggal 26 Desember 2019 nanti. Kegiatan tersebut akan digelar berselang-seling dengan turnamen Liga 2 untuk pemain usia 17 tahun. 

Lukman menegaskan, pada tahun ini, Liga 1 lebih diperketat terkait regulasi. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pemain-pemain yang terdaftar di Kabupaten lain, tidak diizinkan mengikuti turnamen Liga 1 tahun. 

"Tahun ini kita berikan kesempatan penuh bagi anak-anak di Kota Kupang untuk meningkatkan kemampuan mereka. Jadi yang tampil sekarang semua anak-anak Kota Kupang," tegasnya. 

Ia juga menambahkan bahwa Liga 1 menjadi ajang penjaringan para pemain-pemain berbakat di Kota Kupang untuk nantinya diikut sertakan dalam pertandingan Liga 3 Provinsi NTT, seperti piala Gubernur dan El Tari Memorial Cup (ETMC).

"Mereka ini pemain-pemain senior yang dipersiapkan mewakili Kota Kupang dalam turnamen ETMC maupun Piala Gubernur NTT. Kalau Liga 2 itu diproyeksikan ke turnamen Suratin Cup," tutup Lukman. 

Adapun tim-tim yang bertanding dalam Liga 1 Kota Kupang yakni tim Platina FC, Star Ball, Angkasa Dirgantara, Tunas Muda, Perdana Sakti, Ikan Paus, Sikumana Putra dan yang terakhir adalah tim Sandalwood FC. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Kupang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES