Peristiwa Daerah

Warga Sekitar Pertamina EP di Tuban Krisis Air Bersih

Rabu, 20 November 2019 - 20:18 | 128.58k
Warga Desa Wonosari, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, berada di area operasional Distrik 1 Kawengan, Pertamina EP Cepu, sedang membenahi pompa air, Rabu (20/11/2019). (Foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)
Warga Desa Wonosari, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, berada di area operasional Distrik 1 Kawengan, Pertamina EP Cepu, sedang membenahi pompa air, Rabu (20/11/2019). (Foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Sejak dua bulan terakhir warga Desa Wonosari, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mengalami krisis air bersih. Desa yang berada di area operasional Distrik 1 Kawengan, Pertamina EP Cepu, itu mengeluh lantaran pasokan air bersih di wilayah desa setempat tidak mengalir. 

Jarwi warga desa setempat misalnya, ia mengaku sejak dua bulan belakangan pasokan air bersih dari pipa-pipa penyaluran oleh perusahaan mati alias tidak mengalir. Bahkan, sebelumnya pasokan air bersih dari pipa - pipa penyaluran tersebut kadar airnya tidak layak konsumsi karena warna tabulasanya keruh dan kuning.

"Untuk wudhu dan kebutuhan sehari-hari kita beli dari bul - bul mobil yang lewat sini," kata Jarwi kepada TIMES Indonesia, Rabu (20/11/2019).

Kades Wonosari, FX Fidiarto mengatakan warga di lingkungan desanya memang kekurangan air bersih dalam pemenuhan keseharianya. Terlebih setelah PAM dari bantuan perusahan Pertamina yang kini sudah mati tidak nyala.

"Ya memang dua bulan ini, setelah airnya keruh dan PAM-nya mati. Warga kesulitan mendapat air bersih," keluhnya.

Dia berharap perusahaan yang beroperasi di distrik 1 Kawengan, PEP Cepu, memebri perhatian khusus atau tanggung jawab sosial terhadap warga sekitar.

Katanya, PEP Cepu di tahun sembilan puluhan ketika sumur minyak tua masih aktif berproduksi di wilayah Wonosari,  perhatian perusahaan terhadap warga dapat diprioritaskan. Namun kini kurang diperhatikan.

"Yang jelas zaman masa kecil saya. Warga di lingkungan Distrik 1 Kawengan dapat perhatian Pertamina seperti penerangan jalan, fasilitas olahraga, penyaluran air bersih. Aksesnya mudah didapat oleh warga. Semua kegiatan sosial dan ekonomi dulu pernah ada. Tapi pas waktu masa kecil saya," sambungnya.

Soal air bersih ini, dia mengaku kesulitan mengakses menejemen perusahaan yang berada di Distrik 1 Kawengan, PEP Cepu. "Kita juga belum tahu alasan pastinya, tanggung jawab sosial perusahan di era menejemen sekarang terhadap warga sini. Jarang sekali ada menejemen perusahan datang silaturrahmi dengan kami," paparnya.

Kades Wonosari, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban ini kembali berharap, Pertamina EP memberi perhatian warga sekitar terhadap kebutuhan air bersih. "Syukur - syukur juga mengaktifkan lagi lampu penerangan jalan di lingkungan desa," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES