Peristiwa Daerah

Top, Polres Malang Meraih Pelayanan Prima dari Menpan RB

Rabu, 20 November 2019 - 17:40 | 95.67k
Kapolres Malang saat menerima penghargaan dari Menpan RB. (Istimewa)
Kapolres Malang saat menerima penghargaan dari Menpan RB. (Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Deretan prestasi dan penghargaan telah diraih Polres Malang. Kali ini, Polres malang mendapatkan penghargaan dari Menpan RB, predikat Pelayanan Prima atau kategori paling baik dalam hal Penilaian sesuai UU Nomor 25/2009 tentang Pelayanan Publik.

Penghargaan itu diberikan, setelah  Kementerian PANRB melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik. 

Penilaian tersebut dilakukan untuk memberikan percontohan bagi unit penyelenggara pelayanan publik khususnya Polri, sehingga dapat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonmi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat khususnya wilayah Kabupaten Malang.

Adapun komponen standar pelayanan yang dinilai terdiri dari 14 komponen yakni: persyaratan, sistem, mekanisme dan prosedur. Selain itu, jangka waktu pelayanan, biaya, produk pelayanan, penanganan pengadauan, saran, dan masukan, dasar hukum, sarana prasarana.

Selanjutnya adalah, kompetensi pelaksana, pengawasan internal, jaminan pelayanan dan jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan serta evaluasi kinerja pelayanan.

Polres yang mendapatkan penghargaan dari Kemenpan RB diantaranya, Polres Malang, Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Cirebon, Polres Tuban dan Polres Banyuwang.

Diketahui, penghargaan yang diraih oleh Polres Malang ini sudah yang ketiga kalinya. Sebelumnya didapat pada tahun 2017 dan 2018.

"Untuk tahun 2017 dan tahun 2018 nilai A- (sangat baik). Untuk tahun 2019, meningkat menjadi A (pelayanan prima). Tahun ini, hanya ada enam Polres yang meraih penghargaan pelayanan prima dari Kemenpan RB," jelas Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, kepada TIMES Indonesia.    

"Terima kasih. Semoga penghargaan dari Kemenpan RB kepada Polres Malang menjadi motivasi dan membawa semakin baik Mapolres Malang dalam kinerjanya melayani publik," kata Kapolres Malang, yang karib disapa Pak Ujung ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES