Peristiwa Daerah

Dukung Listyo Sigit Jadi Kabareskim, Ketua PBNU: Beliau Dekat dengan Ulama

Rabu, 20 November 2019 - 18:30 | 486.06k
Irjen Listyo Sigit Prabowo.(Foto : Istimewa)
Irjen Listyo Sigit Prabowo.(Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Ketua PBNU Dr. Eman Suryaman menilai sosok Irjen Listyo Sigit Prabowo layak menjadi Kabareskrim Polri. Eman, sapaan akrabnya, menyebut, Listyo Sigit merupakan petinggi Polri yang dekat dengan ulama.

“Saya mengenal dia ini cukup lama. Yang saya tahu dia sangat dekat dengan para ulama. Rekam jejak dan integritasnya juga sangat baik,” ujarnya, Rabu (20/11/2019).

Dikatakan Eman, Jabatan kabareskrim Polri perlu diisi figur yang matang yang mampu menjalin komunikasi aktif dengan seluruh komponen masyarakat.

“Ketika beliau menjadi Kapolda Banten saya nilai cukup berhasil. Indikator keberhasilan ini adalah terciptanya situasi yang aman dan kondusif di Banten. Kita tahu Banten ini menjadi wilayah yang sangat heterogen dalam keberagamaan,” sebutnya.

Perlu diketahui, Nama Inspektur Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencuat sebagai calon Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri pengganti Komisaris Jenderal Idham Aziz.

Kursi Kabareskrim kosong setelah Idham menjabat Kapolri, menggantikan Tito Karnavian yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri. 

Listyo merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Pada 2014 dia didapuk sebagai Ajudan Presiden Jokowi. Sekitar dua tahun kemudian dia menjabat Kapolda Banten dengan pangkat brigadir jenderal. 

Pada Agustus 2018, dia menyandang pangkat inspektur jenderal yang disematkan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri.

Tak lama, Listyo dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri berdasarkan Surat Keputusan Kapolri (Skep) Nomor 81/ 2014 A/III/KEP./2018 tertanggal 13 Agustus 2018.

Perwira tinggi kelahiran 5 Mei 1969 tersebut pernah menjadi Kapolres Pati, Jawa Tengah. Setelah itu dia menduduki posisi Wakil Kapoltabes Kota Semarang lalu Kapolres Solo. 

Adapun pada 2012, pada saat Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta, Listyo Sigit Prabowo dirotasi ke Jakarta dengan pos Asubdit II Direktorat Tipdum Bareskrim Polri.

Sebelum menjabat Ajudan Presiden Jokowi, pada Mei 2013, Listyo bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sulawesi Tenggara. 

Dia lulusan S-2 dari Universitas Indonesia. Tesis yang dipilih Listyo Sigit Prabowo adalah tentang penanganan konflik etnis di Kalijodo, Jakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES