Peristiwa Daerah

Jalur Sepeda di Kota Madiun Masih Jadi Lokasi Parkir Kendaraan

Rabu, 20 November 2019 - 14:53 | 157.01k
Sejumlah kendaraan masih parkir di jalur sepeda di Kota Madiun. (FOTO: Ito Wahyu U/TIMES Indonesia)
Sejumlah kendaraan masih parkir di jalur sepeda di Kota Madiun. (FOTO: Ito Wahyu U/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Perhubungan (Dishub) saat ini sudah membuat jalur khusus sepeda. Jalur tersebut sengaja dibuat untuk meningkatkan keselamatan, kenyamanan pesepeda.

Namun saat ini dalam penerapannya di jalur khusus sepeda tersebut masih digunakan untuk parkir kendaraan roda dua atau empat. Ini seperti yang terlihat di Jalan Panglima Sudirman dan Jalan Mastrip. Di sisi utara dan selatan jalan sudah dibuatkan jalur khusus sepeda namun kenyataanya tetap masih ada kendaraan yang terparkir.

parkir-2.jpg

Menyikapi itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Madiun, Ngedi Trisno Yusianto meminta agar pemkot tidak hanya sebatas melakukan kajian namun juga melibatkan masyarakat saat mengambil kebijakan penerapan jalur khusus sepeda. Diakuinya itu kembali pada regulasi yang ada terlebih sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan Darat setiap jalan harus ada space untuk pengguna sepeda dan disabilitas.

"Saya lihat ini masih sebatas trial saja. Seperti saat mulai pengalihan arus di Pangsud depan Mc Donald's," ujarnya, Rabu (20/11/2019).

Ngedi mengimbau agar pemkot sebelum mengeluarkan kebijakan yang dampaknya langsung kemasyarakat harus melalui tahap kajian secara menyeluruh termasuk masukan dari masyarakat. Meski begitu pihaknya mendukung upaya pemkot dalam pembuatan jalur khusus sepeda tersebut. Karena juga sebagai upaya meningkatkan keselamatan bagi pengguna jalan.

parkir-3.jpg

"Masyarakat merupakan pelaku secara langsung dan setiap hari menggunakannya. Jadi jangan sampai nanti malah menjadi beban bagi masyarakat," tegasnya.

Sementara Wali Kota Madiun H. Maidi saat dikonfirmasi mengaku jika jalur khusus sepeda tersebut merupakan salah satu inovasi terhadap kebutuhan masyarakat. Terlebih saat ini kepadatan arus lalu lintas juga cukup tinggi di Kota Madiun.

Pihaknya juga telah meminta Dishub untuk mengawal penggunaan jalur khusus sepeda tersebut termasuk dengan pemasangan rambu dan parkirnya. Selain itu pihaknya juga terus melakukan kajian terhadap efektivitas dan pemanfaatan jalur khusus sepeda.

"Semuanya untuk masyarakat, karena tugas kita memang untuk mengabdi pada masyarakat. Saat ini fokus untuk penataan di jalan Pahlawan. Di situ juga tetap akan ada jalur khusus sepeda," ujar Wali Kota Madiun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES