Ekonomi

Wamenhan: Indonesia akan Menjadi Negara dengan Pendapatan Tinggi Pada 2036

Rabu, 20 November 2019 - 11:25 | 205.67k
Wamenhan pada pada acara Goesmart 2019 : Smart City Week  di Aula Barat ITB, Bandung. (FOTO: Kemenhan)
Wamenhan pada pada acara Goesmart 2019 : Smart City Week  di Aula Barat ITB, Bandung. (FOTO: Kemenhan)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIndonesia akan keluar dari perangkap pendapatan menengah (Middle Income Trap) dan menjadi negara dengan pendapatan tinggi pada tahun 2036.

Wakil Menteri Pertahanan RI Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan hal itu ketika memberikan Keynote Speech pada kegiatan Goesmart 2019 : Smart City Week “Transformation Toward Smart X : Smart Village, Smart City, Smart Province and Smart Nation”, Selasa (19/11/2019) di Aula Barat ITB, Bandung.

Menurutnya,  Indonesia akan menghadapi 10 perubahan besar di tingkat global pada tahun 2045, dimana jumlah penduduk dunia diperkirakan akan mencapai 10 Miliar jiwa, 71 persen dari total output dunia dikontribusi oleh negara berkembang dengan Asia menyumbang sebesar 45 persen.

Dalam visi itulah, Indonesia akan keluar dari perangkap pendapatan menengah (Middle Income Trap) menjadi negara dengan pendapatan tinggi pada 2036. Kemudian Indonesia akan menjadi negara maju dengan kekuatan ekonomi ke-5 terbesar di dunia pada 2045 dengan PDB sebesar USD 7,4 Triliun.

Wamenhan-b.jpg

Pengembang Smart X, lanjut Wamenhan, harus mempunyai dan memahami wawasan keamanan nasional/national security . Sehingga Smart X yang dibangun mampu menghilangkan atau meminimalkan adanya ancaman terhadap ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya serta siber.

"Tanpa disadari gelombang perubahan sebagai akibat dari kemajuan technology sudah tidak bisa dihindari. Berbagai kemajuan di bidang teknologi sejatinya dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Karena pola pikir masyarakat bisa berubah mengikuti tatanan yang baru, merubah faham/ideologi, mental dan budaya,  kata Wamenhan RI, maka solusi yang dibangun di dalam Smart X disamping bersifat cerdas juga harus memiliki fitur-fitur yang mampu menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES