Ekonomi

Jaga Stabilitas Beras Bulog Waingapu Gencar Salurkan KPSH

Selasa, 19 November 2019 - 20:05 | 120.11k
Kepala Perum Bulog sub-Divre Waingapu, Kab. Sumba Timur NTT, David Donny Kurniawan saat persiapan penyalurah KPSH di Sumba Timur. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Kepala Perum Bulog sub-Divre Waingapu, Kab. Sumba Timur NTT, David Donny Kurniawan saat persiapan penyalurah KPSH di Sumba Timur. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMBA – Untuk menjaga kestabilan harga dan kualitas beras, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub-Drivre Waingapu, Kabupaten Sumba Timur NTT gencar salurkan Ketersedian Pasokan dan Stabilitas Harga (KPSH) di Kabupaten Sumba Timur.

Kepala Perum Bulog Sub-Divre Waingapu David Donny Kurniawan kepada Selasa (19/11/2019) mengatakan, penyaluran stok beras untuk program KPSH adalah stok cadangan beras pemerintah (CBP) beras medium secara berjenjang berdasarkan instruksi Kementerian Perdagangan melalui kantor wilayah kepada kantor cabang dan kantor pembantu.

“Jadi penyaluran KPSH bertujuan untuk menjaga ketersediaan beras medium di pasar-pasar kemudian menjaga terjangkaunya harga beras medium dibawah HET yakni Rp 8.600/kg di gudang,”kata Donny.

Menurutnya, pelaksanaan KPSH Perum Bulog Waingapu menyalurkan beras CBP langsung kepada konsumen dengan melalui distributor, mitra dan pedagang eceran serta outlet binaan Perum Bulog Waingapu atau RPK/TPK diseluruh pasar rakyat baik pasar pencatatan BPS maupun non pencatatan BPS.

“Di sinipun distributor harus bertanggung jawab bila terjadi hal-hal yang tidak sesuai atau melanggar ketentuan yang sudah diatur dalam surat pernyataan diatas materai, jadi ini harus komitmen dalam membantu Perum Bulog melaksanakan KPSH beras CBP,” ungkapnya.

Donny menjelaskan, penjualan KPSH Perum Bulog Waingapu sejak Januari hingga Nopember 2019 mencapai 2.179.600 Kg sedangkan penjualan kepada distributor, mitra dan Outlet binaan af gudang sebesar Rp 8.600/Kg dan telah diatur HETnya sebesar Rp 9.950/Kg untuk wilayah NTT.

“Untuk harga jual bagi pedagang tidak boleh menjual melebihi HET yang telah ditentukan pemerintah karna disitu sudah ada aturannya disamping Bulog sudah bekerjasama pedagang untuk menjaga harga dipasaran,” ujarnya.

Donny menambahkan, dengan program KPSH perum Bulog Waingapu sangat berterima kasih kepada pedagang yang ikut menjaga stabilitas harga beras medium dipasaran tentunya dengan kemitraan ini Perum Bulog Waingapu terus gencar melakukan pengawasan bersama Satgas Pangan. (*)     

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Sumba

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES