Pendidikan

Gandeng Unram, Pemprov NTB Bakal Gelar Seminar Internasional di Aruna Senggigi

Selasa, 19 November 2019 - 16:47 | 83.55k
Ketua Panitia, Dr. Ir. Agus Purbathin Hadi, M. S.i, (paling Kanan) bersama dosen Unram, Ir. Rosiady Sayuti, P.hD saat jumpa pers di Bappeda NTB, Kota Mataram, Selasa (19/11/2019). (FOTO: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)
Ketua Panitia, Dr. Ir. Agus Purbathin Hadi, M. S.i, (paling Kanan) bersama dosen Unram, Ir. Rosiady Sayuti, P.hD saat jumpa pers di Bappeda NTB, Kota Mataram, Selasa (19/11/2019). (FOTO: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MATARAMPemprov NTB bersama Universitas Mataram (Unram) akan menyelenggarakan Seminar Internasional bertajuk “Implementing Rural Sciences for Sustainable Development Goals Achievement”, di Aruna Senggigi, pada 20-23 Oktober 2019 mendatang.

Seminar ini akan berfokus pada pembangunan berkelanjutan di desa. Kegiatan ini juga akan melibatkan ARSA (Asian Rural Sociological Association) dan Lombok Friendly dalam proses penyelenggaraannya.

Ketua Panitia Seminar, Agus Purbathin Hadi menerangkan bahwa kegiatan seminar internasional tersebut merupakan upaya kolaborasi antara pemerintah dengan universitas guna mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di desa. 

Ia mengatakan, kegiatan seminar ini akan disertai dengan presentasi dan publikasi hasil penelitian dari berbagai pihak.

“Ini adalah momentum kolaborasi yang baik untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di desa,” katanya, saat jumpa pers di kantor Bappeda NTB, Kota Mataram, Selasa (19/11/2019).

Agus menyatakan, wilayah Nusa Tenggara Barat merupakan wilayah pedesaan yang potensial, sehingga kebijakan dan studi yang berhubungan dengan pedesaan sangat dibutuhkan.

“Dibutuhkan penelitian dan kebijakan yang tepat untuk membangun wilayah pedesaan kita. Potensi pedesaan kita sangat besar. Itulah sebabnya acara ini dilakukan, supaya kebijakan-kebijakan yang dihasilkan nanti berdasarkan riset dan pro masyarakat pedesaan,” ucapnya.

Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah yang baik bagi pemerintah, akademisi, praktisi dan semua instistusi atau komunitas masyarakat untuk berkontribusi bagi pembangunan di wilayah NTB. 

"Semoga seminar Internasional seperti ni bisa dilakukan secara berkelanjutan oleh Pemprov NTB," kata Agus.

Sebagai informasi, Seminar Internasional hasil kerja sama Pemprov NTB dengan Unram yang akan dilaksanakan di Aruna Senggigi itu direncanakan akan menghadirkan narasumber, diantaranya Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, Rektor Universitas Mataram, Prof. Dr. Lalu Husni, S.H.,M. Hum, Mantan Presiden ARSA, Rosiady Sayuti, Ph.D, Prof. Koichi Ikegami, Prof. Motoki Akitsu, serta Dr. Kiah Smith. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES