Peristiwa Daerah

Tingkatkan Literasi Digital, Pemuda Desa Gedangan adakan Pelatihan Jurnalistik

Selasa, 19 November 2019 - 18:23 | 82.22k
Graphic Journalist TIMES Indonesia, Dena Setya Utama saat memberikan materi kepada peserta Pelatihan Jurnalistik Panca Panca Pesona Desa Gedangan, Selasa (19/11/2019). (FOTO: Humas Pemdes Gedangan for TIMES Indonesia)
Graphic Journalist TIMES Indonesia, Dena Setya Utama saat memberikan materi kepada peserta Pelatihan Jurnalistik Panca Panca Pesona Desa Gedangan, Selasa (19/11/2019). (FOTO: Humas Pemdes Gedangan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pemuda Karang Taruna Panca Pesona Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang adakan Pelatihan Jurnalistik guna meningkatkan literasi digital di Ruang PKK Balai Desa Gedangan, Selasa (19/11/2019).

Menempati ruang PKK Balai Desa Gedangan, acara ini mengundang Redaktur TIMES Indonesia, Dena Setya Utama sebagai pembicara.

Pelatihan-Jurnalistik-Panca-Panca.jpg

Acara ini didukung langsung oleh Pemerintah Desa Gedangan yang turut mengundang siswa-siswi SMA PGRI Gedangan dan Graphic Journalist TIMES Indonesia, Dena Setya Utama sebagai pembicara

Dena Setya Utama mengatakan bahwa pemuda Desa Gedangan harus sadar akan pentingnya literasi digital.

Pelatihan-Jurnalistik-Panca-Panca-2.jpg

“Konsep literasi digital yang saya sampaikan ini ada tiga komponen utama. Yakni, foto, desain grafis, dan tulisan. Itu yang akan menjadikan suatu produk konten media digital atau media online,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa banyak budaya dan pariwisata yang positif di Desa Gedangan untuk di explore lebih jauh.

Pelatihan-Jurnalistik-Panca-Panca--3.jpg

"Dari pada nulis tentang hal negatif mending kan explore Desa Gedangan yang positif. Misalnya, budaya dan pariwisata, pantai-pantainya kan banyak itu bisa jadi bahan konten," tambahnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana acara, Imam Rofi'i menambahkan jika berita yang berkesan negatif malah cepat menyebar sedangkan berita yang positif cenderung bersifat pasif.

Pelatihan-Jurnalistik-Panca-Panca-4.jpg

"Latar belakang itulah yang menjadi alasan kami mengadakan kegiatan ini. Merubah asumsi masyarakat yang bersifat negatif dengan sering menampilkan berita-berita yang bersifat positif seperti pemateri sampaikan itu salah satu kunci menjadi content creator," katanya.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang diadakan oleh Karang Taruna Panca Pesona Desa Gedangan ini ditutup dengan deklarasi sekaligus launching Gedang Media sebagai media online Pemerintah Desa Gedangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES