Ekonomi

Gelar Pelatihan Sistem Jaminan Halal, Pupuk Kaltim Dorong UMKM Bersertifikat Halal

Selasa, 19 November 2019 - 19:14 | 66.84k
Manager CSR Pupuk Kaltim, Fakhri Husaini saat menyampaikan sambutan. (Foto: Humas PKT For TIMES Indonesia)
Manager CSR Pupuk Kaltim, Fakhri Husaini saat menyampaikan sambutan. (Foto: Humas PKT For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – PT Pupuk Kaltim (Pupuk Kaltim) menggelar pelatihan sistem jaminan halal bagi pelaku usaha baik binaan pemerintah Kota Bontang maupun Binaan Pupuk Kaltim dari berbagai sektor usaha, Selasa (19/11/2019). Kegiatan di Ruang Mangkaliat Hotel Bintang Sintuk ini digelar hingga Rabu (20/11/2019).

Hadir dalam opening ceremony kegiatan tersebut, Manager  CSR Pupuk Kaltim, Fachri Husaini; Kepala Dinas Ketahanan pangan,Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang, Aji Erlinawati dan Narasumber  Direktur LPPOM MUI Kaltim, drh.H.Sumarsongko.

Pelatihan halal yang melibatkan pelaku usaha rumah potong, penjual ayam dan UMKM di Kota Bontang ini berkat kerjasama Pupuk Kaltim bersama Dinas DKP3 Bontang.

Pupuk-Kaltim-b.jpg

"Kegiatan ini bentuk sinergi perusahaan bersama Pemerintah Kota Bontang untuk mewujudkan program pemerintah Kota Bontang smart dan creative city," jelas ketua panitia, Anisa Hud Alaydrus.

Dalam sambutannya, Manager CSR Pupuk Kaltim, Fakhri Husaini menyampaikan bahwa halal menjadi sebuah kebutuhan khususnya di negara berpenduduk mayoritas muslim, sehingga walau baru pertama kali perusahaan produsen pupuk dan amoniak itu menggelar kegiatan ini,  pihaknya akan concern membina UMKM agar memiliki sertifikat halal.

"Pupuk kaltim juga sudah memfasilitasi UMKM untuk menembus pasar lokal, regional bahkan internasional, bahwa LPPOM sudah memfasilitasi juga UMKM untuk tembus pasar internasional," ujarnya.

Lebih lanjut pelatih sepakbola timnas U-19 ini juga meminta kepada pelaku usaha untuk menyerap semaksimal mungkin ilmu yang diperoleh. 

Hal ini penting terkait keprntingan konsumen dalam mengkonsumsi makanan yang dihasilkan dari olahan pelaku usaha makanan dan UMKM lainnya.

Pupuk-Kaltim-c.jpg

"Selamat kepada peserta semoga pelatihan halal ini bisa menambah pengetahuan kepada bapak ibu, bahwa ada tanggung jawab sosial dan tanggung jawab moral kepada produsen agar apa yang kita hasilkan ini halal dan thoiyib," jelasnya.

Sementara itu Kepala DKP3 Bontang, Aji Erlinawati mengapresiasi langkah Pupuk Kaltim dalam bekerjasama menggelar pelatihan sistem jaminan halal.

"Terima kasih kepada Pupuk Kaltim, dimana perhatian yang luar biasa kepada pelaku usaha dibidang makanan, perikanan dan peternakan dan usaha lainnya," ujar wanita yang akrab disapa IIn ini.

Menurut Iin, produk halal ini diharapkan mampu menjadi konsistensi UMKM di Indonesia khususnya di Kota Bontang. "Suatu produk itu wajib hukumnya apalagi untuk dijual harus memiliki jaminan halalnya karena tidak hanya dibutuhkan bagi kaum muslim saja," jelasnya.

Pupuk-Kaltim-d.jpg

Diharapkan pula jika usai pelatihan ini semua peserta dapat memaksimalkan diri dalam mencapai target sertifikat halal produk masing masing. "Setelah ini akan dipandu menuju pencapaian sertifikasi halal," ujarnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES