Pendidikan

Mahasiswa UIN Malang Menangkan Kejuaraan Inovasi Nasional di UGM

Selasa, 19 November 2019 - 17:13 | 89.29k
Mahasiswa UIN Malang saat menerima penghargaan atas prestasi di ajang kejuaraan inovasi nasional di UGM. (Foto: Istimewa)
Mahasiswa UIN Malang saat menerima penghargaan atas prestasi di ajang kejuaraan inovasi nasional di UGM. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang berhasil meraih juara II dalam kejuaraan inovasi nasional Tech Enthusiast Day (TED) oleh Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta, Minggu (17/11/2019).

Adalah Miftach Noorvickia M dan Mustafa Kamal Rabbani, yang tergabung dalam tim Otomasi dan Robotika UIN Maliki (Ontaki), membuat inovasi teknologi berupa robot dan aplikasi sistem irigasi sawah.

Itu didasari oleh musim hujan yang akan terjadi beberapa bulan ke depan. Selain itu juga untuk mengantisipasi terjadinya banjir di area persawahan.

Ketua Tim Ontaki, Miftach mengatakan, inovasi ini berguna untuk memonitor tinggi muka air irigasi. Setiap pintu masuk air di sawah akan ada robot sensorik. 

"Jika airnya melebihi ambang batas, nanti sensorik itu disalurkan lewat radio dan hasilnya itu bisa dimunculkan di internet," ungkapnya. 

Karya ini juga untuk mempermudah kerja petani. Tentu, dengan dibekali keahlian teknologi sesuai sistem yang mereka gagas. Hanya melalui website, petani bisa tahu.

Sebelumnya, Miftach dan tim harus bersaing dengan beragam inovasi lainnya dari 10 Finalis dari Universitas Padjajaran, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Negeri Bandung dan beberapa kampus lainnya. 

Semua inovasi tersebut dipresentasikan secara bergantian oleh masing-masing finalis. Miftach membawa prototipe robot dan menjelaskan kepada juri. 

Terpisah, Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M. Ag mengapresiasi capaian mahasiswanya itu. 

"Selamat atas prestasinya. Kami turut bangga. Terima kasih sudah mengharumkan almamater tercinta," katanya. 

Berkat inovasinya itu, UIN Malang sukses membawa pulang penghargaan sebagai juara II dalam Kejuaraan Inovasi Nasional di UGM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES