Peristiwa Daerah

Milenial Kampung Anyar Banyuwangi Promosi Wisata Desa via E-Promotion

Selasa, 19 November 2019 - 16:58 | 230.15k
Tim PKM Poliwangi Berikan Pemberdayaan Kepada Pemuda Desa Kampung Anyar dalam Optimalisasi Publikasi Wisata Desa Untuk Mendukung E-Promotion. (Foto: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)
Tim PKM Poliwangi Berikan Pemberdayaan Kepada Pemuda Desa Kampung Anyar dalam Optimalisasi Publikasi Wisata Desa Untuk Mendukung E-Promotion. (Foto: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Promosi sektor pariwisata desa, terus digenjot kaum milenial Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Bahkan, demi meningkatkan cakupan, kini syiar mereka lakukan via E-Promotion.

Pola melek teknologi ini tercetus salah satunya berkat dorongan sejumlah Dosen Program Study Informatika, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi). Mereka adalah Eka Mistiko Rini, S Kom, M Kom, Muh Fuad Al Haris, ST, MT, dan Dianni Yusuf, S Kom, M Kom.

Melalui para akademisi tersebut, kampus negeri tertua di Bumi Blambangan melakukan pelatihan pemberdayaan masyarakat, khususnya kaum milenial.

Tim-PKM-Poliwangi3c9836af9203c686.jpg

"Kami bertujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dalam hal peningkatan kedatangan wisatawan dengan cara memberikan pelatihan dalam pembuatan materi promosi atau publikasi dengan E-Promotion," ucap Eka Mistiko Rini, Selasa (19/11/2019).

Dengan akses internet, lanjutnya, informasi tentang potensi wisata desa dapat tersebar luas. Dan demi menarik perhatian para peselancar dunia maya, Dosen Poliwangi juga berbagi ilmu tentang cara membuat konten yang variatif.

Eka, selaku Ketua Tim PKM Poliwangi, menjelaskan bahwa pemberdayaan generasi muda atau kaum milenial dalam promosi wisata online dinilai sangat efektif. Mengingat memang kalangan muda lah yang mendominasi penggunaan Media Sosial (Medsos). 

Tim-PKM-Poliwangi-b.jpg

Maka, ketika hal tersebut dimaksimalkan, sudah pasti cerita eksotisme alam Desa Kampung Anyar, akan menjadi tending topik. Dan diakui atau tidak, manusia di muka bumi pasti menjelajah internet ketika ingin mencari informasi.

Disitulah yang menjadi titik tujuan penerapan E-Promotion untuk sektor pariwisata Desa Kampung Anyar.

Untuk diketahui, Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, terletak di kaki pegunungan Ijen, Banyuwangi. sebuah daerah yang di anugerahi panorama alam nan indah, lengkap dengan kesuburan tanah.

Disini, terdapat 3 tempat wisata alam yang dikembangkan oleh masyarakat. Yaitu wisata air terjun Jagir, wisata edukasi Kampung Sidat dan wisata Banyu Prosotan.

Tim-PKM-Poliwangi-c.jpg

Geografi yang berdekatan dengan Kota Banyuwangi, sekitar 10 kilometer, menempatkan Desa Kampung Anyar, menjadi jujugan wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun asing.

"Selama ini publikasi pariwisata belum sepenuhnya maksimal, usaha meningkatkan angka kunjungan juga terkendala SDM (Sumber Daya Manusia). Masyarakat kami mayoritas mata pencaharian sehari-hari hanya sebagai petani dan buruh perkebunan," kata Kepala Desa (Kades) Kampung Anyar, Siti Latifah Hairiyah.

Namun, dengan terobosan promosi E-Promotion dari Dosen Poliwangi, dia optimis sektor pariwisata di wilayahnya bisa cepat berkembang. Apalagi, saat ini gawai sudah bukan barang asing bagi hampir seluruh warganya.

"Masing-masing juga memiliki akun media sosial, ini menjadi modal untuk ajang promosi yang murah dan mudah," ucapnya.

Kegiatan kaum intelektual yang digawangi para Dosen Poliwangi Banyuwangi ini bertujuan agar kaum milenial Desa Karang Anyar memahami bagaimana cara membuat materi promosi atau publikasi tempat dan kegiatan wisata. Mampu mengemas materi menjadi lebih menarik. 

Selain itu, narasumber dari kalangan profesional dan terpercaya, senantiasa berbagi ilmu mengenai materi pengalaman lapangan dengan promosi melalui digital dan mengoptimalkan fasilitas yang ada, sehingga hasil dari materi tersebut dapat langsung dipublikasi melalui akun medsos dari kaum milenial ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES