Pemerintahan

Pemkab Blitar Gelar Workshop Implementasi Siskuedes 

Selasa, 19 November 2019 - 12:54 | 62.81k
Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Blitar, Totok Subihando menyampaikan sambutan pada Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0, Selasa (19/11/2019). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)
Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Blitar, Totok Subihando menyampaikan sambutan pada Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0, Selasa (19/11/2019). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Pemerintah Kabupaten Blitar (Pemkab Blitar) menggelar Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0, Selasa (19/11/2019). Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Blitar, Totok Subihando, membuka acara yang berlangsung di Pendapa Kanigoro Pemkab Blitar.

Menurutnya, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bekerjasama dengan Kemendagri membuat aplikasi sistem keuangan desa (Siskuedes) untuk memfasilitasi pengelolaan keuangan desa secara baik dan akuntabel.

"Siskeudes ini mulai diperkenalkan dan diterapkan di kabupaten blitar pada tahun 2015 serentak di 220 desa yang ada, dan tahun 2019 ini sudah pada siskeudes versi 2.0," kata Totok.

Pemerintah Kabupaten Blitar melalui dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DINDAMADDE), terus berupaya memberikan bimbingan teknis dan pembinaan kepada operator, bendahara desa dan sekretaris desa setiap tahunnya, agar Siskeudes ini benar-benar bisa diimplementasikan secara optimal.

"Jadi diharapkan ini untuk peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah desa di mana Desa ini dari tahun ke tahun ini harus mengelola dana yang sedemikian besar," tambahnya.

Totok menjelaskan, dari 220 desa yang ada di wilayah Kabupaten Blitar, pada tahun anggaran 2019 ini tahap implementasi siskeudesnya yakni tahap penganggaran sejumlah 220 desa (100 persen). Tahap penatausahaan dan pelaporan sejumlah 220 desa (100 persen).

"Dengan workshop Implementasi Aplikasi Siskeudes juga kami harapkan dapat meningkatkan kapasitas pemerintah desa dalam memahami dan memaknai arti pentingnya Siskeudes untuk penatausahaan dan pelaporan keuangan desa di Kabupaten Blitar," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES