Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Kopi Bondowoso Jadi Wakil Indonesia di Borneo Coffee Festival Malaysia

Selasa, 19 November 2019 - 12:44 | 132.59k
Kopi BRK dipamerkan dalam Borneo Coffe Festival di Malaysia. (FOTO: BRK)
Kopi BRK dipamerkan dalam Borneo Coffe Festival di Malaysia. (FOTO: BRK)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOKopi BRK (Bondowoso Republik Kopi) Arabica Ijen-Raung dipercaya menjadi salah satu wakil Indonesia di acara Borneo Coffee Festival, Malaysia.

Petani kopi di kawasan Ijen Bondowoso yang diutus ke festival itu, Muhammad Erfan Ghani mengatakan, Bondowoso diminta Konsulat Jenderal untuk mewakili Indonesia di acara tersebut.

Kopi-Bondowoso-2.jpg

“Kerena Bondowoso punya kopi kualitas, kopi yang luar biasa. Yakni dengan Arabica Ijen-Raung,” katanya, Selasa (19/11/2019).

Menurutnya, kepercayaan yang diberikan ke Bondowoso ini, sekaligus kepercayaan terhadap petani kopi, khususnya di kawasan Ijen.

“Apalagi saya memang berusaha di situ (petani kopi). Menjual Kopi Bondowoso ke luar daerah,” jelas mantan Kepala Dinas Pertanian Bondowoso ini.

Erfan meyakini, keikutsertaan kopi Bondowoso di acara itu, berdampak positif kepada kopi dan petani di Bumi Ki Ronggo. Salah satunya, kopi BRK semakin dikenal oleh berbagai kalangan..

Kopi-Bondowoso-3.jpg

“Para pengunjung sangat tertarik untuk membeli kopi dari Indonesia, karena memang luar biasa. Bahkan produk kopi Arabica Ijen-Raung yang dijadikan bahan pameran habis dibeli oleh pengunjung,” ceritanya.

Dari diskuasi dengan pengunjung, Erfan menceritakan, pengunjung menilai Kopi Indonesia, yang diwakili Java Ijen-Raung sebagai kopi yang unik dan mempunyai cita rasa yang berbeda.

Edisi-Selasa-19-November-2019-Kopi-bondowoso.jpg

“Bahkan hari pertama pameran, Arabica Green Beans mau dibeli semua, cuma tidak kita lepas. Karena bisa tidak ada bahan dua hari berikutnya. Maka kita lepas di hari terakhir,” terangnya.

Borneo Coffee Festival berlangsung selama 3 hari. Mulai tanggal 8 sampai 10 November 2019 kemarin, di Sabah Malaysia. Selain Kopi BRK, kopi dari Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara dan Jakarta juga mewakili Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES