Peristiwa Daerah

RDPU Pansus Papua, Senator Fachrul Razi: Saatnya Ada Parpol Lokal Papua

Selasa, 19 November 2019 - 07:22 | 60.55k
Senator FR saat RDPU Pansus Papua DPD RI di Jakarta.(foto: DJ TIMES Indonesia)
Senator FR saat RDPU Pansus Papua DPD RI di Jakarta.(foto: DJ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTASenator Fachrul Razi punya usulan menarik terkait masa depan Papua. Anggota DPR RI asal Aceh ini berharap pemerintah pusat memberikan kewenangan kepada Papua untuk mendirikan Partai Lokal Papua sendiri.

Saran itu muncul dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Pansus Papua DPD RI Senin malam, (18/11/2019). RDPU digelar di hadapan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dan Kontras.

"Saya meminta Papua untuk memperjuangkan lahirnya Partai lokal. Ini akan sangat bagus untuk masa depan Papua," jelas FR, sapaan akrabnya. 

Edisi-Selasa-19-November-2019-fahruzy.jpg

Dengan parpol lokal, sambung dia,  dapat menjadi solusi memutus mata rantai politik transaksional yang dilakukan oknum-oknum pengurus partai nasional di tingkat pengurus pusat.

“Parpol lokal perlu segera dibentuk untuk mengakomodir hak orang asli Papua. Tak ada alasan pemerintah pusat tidak setuju, karena ini amanat UU Otsus. Kami tidak minta hal lain,” tandas FR.

Pada awalnya aturan mengenai otonomi khusus Papua khususnya Pasal 28 ayat 1 adalah berkenaan dengan Partai Lokal Papua. "Tujuannya untuk memproteksi penduduk lokal di Papua agar selalu terwakili pada lembaga legislatif di daerah Provinsi Papua.  Ini harus disetujui pemerintah pusat," ujar Senator Fachrul Razi bergarap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES