Peristiwa Daerah

Danrem 083/Baladhika Jaya Pimpin Apel Latihan Kesiapsiagaan Bencana Alam

Senin, 18 November 2019 - 19:48 | 94.28k
Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Zainuddin saat memimpin apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam. (Foto: Penrem 083/Bdj)
Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Zainuddin saat memimpin apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam. (Foto: Penrem 083/Bdj)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSODanrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Zainuddin memimpin apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di Bondowoso, Jawa Timur, Senin (18/11/2019).

Apel itu dalam rangka mengurangi resiko bencana, khususnya di saat musim kemarau. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan tugas bantuan kepada Pemda dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam.

Apel-Siaga-Bencana-2.jpg

Latihan yang diikuti ratusan warga masyarakat bersama Satgas (PRCPB) itu disaksikan langsung oleh Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Zainuddin.

Kolonel Inf Zainuddin mengatakan, kegiatan latihan kesiapsiagaan bencana alam erupsi Gunung Raung ini bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan aparat TNI dan instansi terkait yang tergabung dalam PRCPB dalam meningkatkan kerjasama dan keterpaduan antar unsur yang ada dalam penanganan bencana alam.

“Ini latihan taktis yang bertujuan untuk melatih unsur komandan dan staf dalam prosedur hubungan komandan dan staf jika terjadi bencana di wilayah," ungkapnya.

Latihan ini juga untuk menguji proses pengambilan keputusan yang dapat terlaksana dengan baik mulai dari proses perencanaan, persiapan sampai pelaksanaan operasinya dan organisasi harus terorganisir dengan baik.

Apel-Siaga-Bencana-3.jpg

Latihan simulasi penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan selama lima hari ini untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam melakukan hubungan kerja dengan unsur terkait dalam PRCPB dan lembaga BPBD dalam operasi penanggulangan bencana alam dan evakuasi korban.

“Latihan ini merupakan media uji coba prosedur tetap Kodim 0822/Bondowoso dalam penanggulangan bencana alam di wilayah," terangnya.

Di samping itu, kata Danrem 083/Baladhika Jaya, kegiatan ini juga bertujuan agar masyarakat mengetahui tindakan apa yang harus diperbuat dan dilakukan jika terjadi bencana alam di wilayahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES