Peristiwa Daerah

Kelangkaan Solar, Ini Kata Kepala Dinas ESDM Jatim

Senin, 18 November 2019 - 18:08 | 96.45k
Salah satu SPBU di Tuban yang mengalami kelangkaan solar. (Foto: Choirudin/TIMESIndonesia)
Salah satu SPBU di Tuban yang mengalami kelangkaan solar. (Foto: Choirudin/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Kepada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemprov Jawa Timur (Jatim), Setiajit menyebut kelangkaan solar bersubsidi yang terjadi sepekan belakangan akibat adanya panic buying.

Panic buying terjadi lantaran informasi kelangkaan solar di satu Stasion Pengisian Bahan Bakar umum (SPBU) berdampak ke beberapa pom bensin lainnya. Sehingga, terjadi aksi saling borong untuk mendapat berbahan bakar solar tersebut.

Menurut ESDM, pasokan solar dari Pertamina sudah kembali normal, setelah pertemuan antara Pertamina dan Dinas ESDM Jatim, Senin (18/11/2019).

"Insya Allah, pekan ini pasokannya solar sudah normal kembali lagi," dalam keterangan rilis yang diterima TIMESIndonesia.

"Adannya kelangkaan solar terpicu dari satu SPBU yang kosong, kemudian muncul informasi yang menjadikan panic buying dikalangan sopir," imbuhnya.

Sementara beredar informasi sebelum adanya edaran surat pembatasan penjualan solar subsidi, Setiajit mengatakan edaran telah dicabut. Sebab sebelumnya, surat edaran dikeluarkan untuk membatasi kendaraan truk industri dan truk pengangkut barang pertambangan.

"Karena overload kuota di bulan Oktober. Subsidi bahan bakar solar dan premium sudah melebihi quota yang ditetapkan. Namun, dalam pertemuan tadi, BPH Migas dengan Pertamina sepakat melayani sesuai kebutuhan masyarakat Jatim," tegasnya.

Jadi tidak benar adanya pembatasan solar dari tanggal 14 tersebut. Dalam pertemuan tadi juga diterangkan solar dan premium sudah jelas kegunaan dan penggunaannya.

Sebelumnya, hampir sepekan terjadi kelangkaan bahan bakar subsidi jenis solar di wilayah Jatim, akibat kelangkaan solar di pom - pom bensin dirasakan langsung oleh para sopir - sopir truk di wilayah daerah bumi wali Tuban. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES