Peristiwa Daerah

Pekerja Dinas PU Surabaya Temukan Granat Nanas di Bawah Jembatan

Senin, 18 November 2019 - 14:40 | 103.32k
Tim Gegana Polda Jatim mengevakuasi temuan granat nanas aktif di dasar sungai Kawasan Simokerto, Surabaya, Senin (18/11/2019). (Foto: Istimewa)
Tim Gegana Polda Jatim mengevakuasi temuan granat nanas aktif di dasar sungai Kawasan Simokerto, Surabaya, Senin (18/11/2019). (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pekerja Dinas Pekerjaan Umum (PU) menemukan granat berbentuk nanas aktif saat melakukan normalisasi kali di Simokerto Gang III, Surabaya, Jawa Timur, Senin (18/11/2019).

Riyanto (36), salah satu pekerja Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkot Surabaya sekaligus penemu granat mengatakan penemuan terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu semua pekerja baru mulai akan mengeruk kali dan tiba-tiba dikagetkan penemuan itu.

granat-2.jpg

"Tadi pas kerja gali pukul 7. Pas penggalian sungai dapat 3 karung kemudian pas karung ketiga diangkat tahu-tahu dapat granat nanas itu," kata Riyanto.

Saat ditemukan, lanjut Riyanto, granat dalam keadaan kurang jelas. Sebab kondisinya sudah karatan. Untuk meyakinkan, ia dan pekerja lainnya kemudian mencucinya dan baru diyakini bahwa benda tersebut merupakan granat berbentuk nanas.

granat-3.jpg

"Kami kemudian laporan ke pimpinan dan menghentikan dulu pekerjaan kita," terang Riyanto.

Mengetahui ada granat di sungai, Polsek Simokerto kemudian memberikan police line di sekitar area  jembatan dan sungai. Hal itu untuk mencegah masyarakat yang penasaran untuk melihat. 

Polsek Simokerto sendiri kemudian langsung menghubungi dan menunggu tim inafis Polrestabes Surabaya dan Gegana Polda Jatim. Evakuasi granat tersebut akhirnya dilaksanakan sekitar pukul 11.20 WIB. 

granat-4.jpg

"Kami panggil indentifikasi dari Polrestabes dan gegana dan saat ini sudah diamanakna dari tim gegana," terang Kapolsek Simokerto Kompol Masdawati. 

Jika dilihat dari fisiknya, lanjut Kompol Masdawati, memang kondisi granat sudah lama dan karatan. Karena berada di bawah kali. "Tapi kami serahkan aktif atau tidaknya kepada tim Gegana. Kami juga belum bisa menduga granat nanas itu peninggalan dari mana," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES