Indonesia Positif

Jalan Utama di Kota Madiun akan Lebih Indah dengan Bunga Tabebuya

Senin, 18 November 2019 - 10:40 | 305.43k
Petugas Dinas Perkim Kota Madiun menanam bunga tabebuya di Jalan Pahlawan. (FOTO: Istimewa)
Petugas Dinas Perkim Kota Madiun menanam bunga tabebuya di Jalan Pahlawan. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Guna mewujudkan sebagai kawasan "Kota Sejuta Bunga" Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) terus melakukan penataan dan penambahan berbagai tanaman hias serta bunga di sejumlah wilayah setempat. Kali ini Dinas Perkim mulai menambah koleksi tanaman bunga  di sepanjang Jalan Pahlawan.

Sesuai rencana di sepanjang jalan protokol tersebut nantinya akan di tanami pohon bunga tabebuya (chrysotricha) dan bungur (lagerstroemia). Kedua jenis tanaman ini berbunga sangat indah menyerupai bunga sakura. 

Kepala Bidang Pertamanan, Permakaman, dan Penerangan Jalan Umum, Dinas Perkim Kota Madiun Aang Marhaendra Budiono menjelaskan, penambahan kedua tanaman jenis tanaman ini selain digunakan sebagai tanaman peneduh juga akan sangat indah saat berbunga. Selain itu penambahan tanaman juga masih terus dilakukan disejumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan fasilitas publik lain seperti taman yang sudah ada.

"Nanti akan di tanam pada bagian kiri dan kanan jalan Pahlawan. Mulai dari sekitar Plaza Lawu hingga Rumah Dinas Wali Kota," ujarnya Senin (18/11/2019).

Pohon.jpg

Diakuinya saat ini disejumlah taman dan fasilitas publik di Kota Madiun juga ditanam pohon tabebuya dan bungur. Dipilihnya kedua tanaman ini memiliki bunga yang sangat indah. Selain itu kondisi akar kedua tanaman ini juga tidak akan merusak kondisi infrastruktur jalan. Menurutnya momentum bulan Oktober-November merupakan waktu kedua bunga ini bermekaran. 

"Jadi selain sebagai tanaman pelindung juga akan bagus saat nanti musimnya berbunga," jelasnya. 

Sementara salah satu warga Kota Madiun, Tri Nuryani mengapresiasi dengan langkah yang dilakukan Pemkot Madiun dengan menambah pohon peneduh yang memiliki bunga indah. Diakuinya pemilihan tanaman jenis tabebuya dan bungur sangat tepat, jenis tanaman ini sangat cocok dengan Kota Madiun.

Dengan banyaknya tanaman ini nantinya akan membuat Kota Madiun lebih hijau dan teduh. "Pastinya nanti di jalan jalan Kota Madiun akan lebih sejuk dan indah," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-14 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES