Peristiwa Daerah

Surabaya Berbagi Merajut Tali Asih di Rusunawa Sumbo

Senin, 18 November 2019 - 11:14 | 153.27k
Pemeriksaan kesehatan gigi anak menjadi salah satu program bakti sosial Surabaya Berbagi di Rusunawa Sombo, Simolawang, Surabaya, Minggu (17/11/2019). (Foto: Istimewa)
Pemeriksaan kesehatan gigi anak menjadi salah satu program bakti sosial Surabaya Berbagi di Rusunawa Sombo, Simolawang, Surabaya, Minggu (17/11/2019). (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, SURABAYASurabaya Berbagi menggelar bakti sosial di Rusunawa Sombo, Simolawang, Surabaya, Minggu (17/11/2019) pagi.

Kegiatan ini diikuti oleh 32 yayasan dan komunitas sosial di Surabaya. Antara lain Yuk Berbagi, Yayasan Jawa Timur Bersatu, Ruang Pasien, Si Jum, Karang Taruna dan beberapa komunitas lainnya.

Surabaya-Berbagi-2.jpg

Rusunawa Sumbo merupakan rusun pertama yang ada di Surabaya. Di kawasan ini, banyak sekali para janda lansia yang sudah tidak produktif. Jumlahnya mencapai 350 jiwa, sedangkan anak yatim berjumlah 70.

"Di sini kami berbagi sembako dan juga santunan," kata Emmy Ratina, mewakili komunitas Yuk Berbagi.

Surabaya Berbagi memberikan 1000 nasi kotak untuk warga. Selain itu, mereka juga melakukan pelatihan pengolahan limbah minyak jelantah dan pampers (popok sekali pakai) bekas menjadi pot dan bunga.

Surabaya-Berbagi-3.jpg

"Diharapkan warga bisa mengurangi sampah pampers dan pencemaran lingkungan karena minyak dan pampers tersebut," sambung aktivis sosial ini 

Tak ketinggalan dari sisi pendidikan ada ruang dongeng untuk anak-anak rusun. Serta, pengobatan gratis bagi warga mulai test iva for kanker, fisio terapi, kesehatan umum, dan kesehatan gigi anak. Warga mendapatkan obat dan pemeriksaan secara cuma-cuma.

Abbdullah, selaku Ketua RW 5 Rusunawa Sombo mengapresiasi acara ini. Ia sangat senang, dengan kehadiran Surabaya Berbagi sangat bermanfaat bagi warganya.

"Selama ini di Rusun Sombo sering ada acara baksos seperti ini, tapi tak sebanyak ini program-programnya," tutur Abdullah.

Edisi-Senin-18-November-2019-lely-sby.jpg

Ia berharap, ke depan akan ada kesinambungan dalam hal-hal lain untuk Rusun Sombo. Seperti pelatihan untuk lansia dan juga bantuan-bantuan sosial. 

"Harapan kami Surabaya Berbagi ini akan terus berkarya dan bertambah support dari komunitas-komunitas lain sehingga lebih bisa membantu yatim dhuafa dan warga tak mampu," katanya.

Acara Surabaya Berbagi turut dihadiri oleh Reny Astuti, Wakil DPRD Kota Surabaya, Arif Fatoni dan Abdul Ghoni dari Komisi A DPRD Kota Surabaya, dan Fuad Bernardi, Ketua Forum Karang Taruna Kota Surabaya sekaligus putra Wali Kota Risma yang diwakili oleh Febrian, Sekretaris Karang Taruna Kota Surabaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES