Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

UB Malang, UNUD dan Chiba University Perkuat Kerjasama Riset Internasional

Senin, 18 November 2019 - 06:13 | 58.74k
Foto bersama para pembicara dan penyelenggara ICSSM 2019. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Foto bersama para pembicara dan penyelenggara ICSSM 2019. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, BALI – FPIK UB Malang, FKIP Universitas Udayana, CRESOS dan Chiba University melalui Indonesia Joint Scientific Symposium (IJJSS) berkolaborasi menggelar International Conference on Sustainability Science and Management (ICSSM): Advanced Technology in Environmental Research.  

Acara yang digelar di Bali pada 14-15 November 2019 itu membahas ancaman global di berbagai negara akibat perubahan iklim.

Dalam paparannya Prof. Hiraoki Kuze, Direktur Chiba University mengatakan pergeseran musim, kekeringan maupun banjir sangat berdampak pada sektor pertanian dan maritim. 

Berbagai pendekatan teknologi dan saintifik multidisipliner diperlukan untuk mencari terobosan baru guna mewujudkan kehidupan yang lebih baik. 

Sementara itu, Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, kepala Laboratorium Josaphat Microwave Remote Sensing Laboratory (JMRSL) Chiba University memaparkan mengenai pengembangan sistem CP-SAR yang dilakukan oleh laboratorium JMRSL sebagai terobosan baru dalam sistem penginderaan jauh untuk monitoring lingkungan dan kebencanaan. 

Teknologi ini sedang dikembangkan oleh Prof. Josaphat dan tim JMRSL di Chiba University, Jepang.

Kegiatan ini diikuti oleh 200 peneliti dan akademisi yang berasal dari 13 negara. Sebanyak 6 pembicara utama dan 10  pembicara undangan dihadirkan pada kegiatan ini. 

Berbagai hasil penelitian dari bidang teknik dan IT, kemaritiman, ilmu lingkungan dan ilmu sosial dipaparkan pada sesi paralel oleh peserta konferens selama 2 hari. 

Selain itu, konferens ini menghasilkan dua agenda utama yaitu penguatan kerjasama riset internasional antara Indonesia-Jepang serta terbentuknya Forum Riset Indonesia-Taiwan dengan 10 anggota yang terdiri dari Universitas, Lembaga Riset dan NGO. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES