Wisata

Blang Bleng Perkusi Meriahkan Getih Getah Gula Klapa di Blitar

Senin, 18 November 2019 - 00:02 | 114.54k
Blang Bleng Perkusi tampil di Getih Getah Gula Klapa di Candi Simping Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Sabtu (17/11/2019). (Foto: Sholeh TIMES Indonesia)
Blang Bleng Perkusi tampil di Getih Getah Gula Klapa di Candi Simping Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Sabtu (17/11/2019). (Foto: Sholeh TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITARBlang Bleng Perkusi ikut memeriahkan Getih Getah Gula Klapa yang berlangsung di Candi Simping Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Sabtu (17/11/2019).

Blang Bleng terdiri atas enam orang memainkan Gendang Jimbe dengan rancak sehingga mampu menghipnotis ribuan penonton yang hadir di acara itu.

"Blang bleng ini grup perkusi asli dari Blitar, alat yang digunakan pun juga asli dari Blitar yaitu Gendang Jimbe," ungkap Rahmanto Adi, Ketua Panitia Getih Getah Gula Klapa.

Blang bleng perkusi, dikatakan Rahmanto, dengan sukarela berpartisipasi memeriahkan Getih Getah Gula Klapa karena memiliki niat untuk melestarikan kekayaan budaya yang dimiliki Blitar.

"Salah satunya Gendang Jimbe ini kan memang banyak dibuat di Blitar, masak kita cuma membuatnya saja," tambahnya.

Selain Blang Bleng Perkusi, Getih Getah Gula Klapa  juga dimeriahkan oleh penampilan tari, musikalisasi puisi oleh seniman dari solo dan kirab Pataka Majapahit.

"Kirab Pataka melibatkan 70 pemuda karang taruna desa Sumberjati yang dimulai dari kantor desa Sumberjati kemudian nanti diterima bupati untuk dilanjutkan masuk ke Candi Simping," urainya.

Getih Getah Gula Klapa tahun ini mengambil tema Cucuk Lampah yang bermakna sebagai langkah awal pintu peradaban mewujudkan adanya pusat kajian Majapahit dan perabadaban Nusantara di Candi Simping sebagai tempat pendharmaan Raden Wijaya. "Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan kembali Candi Simping sebagai tempat pendharmaan Nararya Sanggramawijaya kepada masyarakat," tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES