Peristiwa Daerah

Kampung Biru Arema Kini Punya Posyandu Remaja

Minggu, 17 November 2019 - 22:27 | 165.04k
Di Kampung Biru Arema, Jalan Embong Brantas, hari ini telah diresmikan Posyandu Remaja (Pos Pelayanan Terpadu) hari ini (17/11/2019) (foto: Istimewa)
Di Kampung Biru Arema, Jalan Embong Brantas, hari ini telah diresmikan Posyandu Remaja (Pos Pelayanan Terpadu) hari ini (17/11/2019) (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANGPosyandu Remaja (Pos Pelayanan Terpadu) diresmikan di Kampung Biru Arema, Jalan Embong Brantas, Minggu (17/11/2019). Berbeda dengan Posyandu Balita, Posyandu Remaja ini dikemas dan ditujukan kepada usia remaja.

Posyandu Remaja merupakan sebuah wadah pos kesehatan yang memfasilitasi dalam memahami seluk beluk remaja selama masa pubertas. Selain itu posyandu ini dapat menjadi jembatan untuk melakukan pendekatan terpadu dari sisi sosial maupun agamis.

Posyandu-Remaja-2.jpg

"Posyandu Remaja ini launching pertama kalinya di Kota Malang diselenggarakan di kampung kami, Kampung Biru Arema," kata Ketua RW 5 Kampung Biru Arema, Irmawan Yutanto.

Menurut Irmawan yang juga sebagai Ketua LPMK Embong Brantas, manfaat dari posyandu ini adalah untuk mengatasi dan meminimalisir kegiatan negatif pada usia remaja. Misalnya peredaran narkoba, penyebaran HIV dan kemungkinan buruk lainnya.

"Posyandu remaja ini diharapkan dapat menjadi wadah yang mengedukasi remaja Kampung Biru Arema khususnya dan remaja Kota Malang umumnya," ungkap Irmawan Yutanto.

Posyandu-Remaja-3.jpg

Acara launching ini dihadiri oleh Kepolisian Sektor Klojen, Camat Klojen, Kepala Dinas Kesehatan, Lurah Kidul Dalem, Kepala Puskesmas Arjuno beserta staf serta remaja Kelurahan Kidul Dalem. Sebelum peresmian, dilakukan senam bersama

"Kami sangat mendukung dan mengapresiasi adanya Posyandu Remaja di lingkungan Kelurahan Kidul Dalem atau populer dengan nama Kampung Biru Arema," ujar Camat Klojen, Heru Mulyono.

Heru memberi nama Posyandu Remaja ini dengan posyandu Remaja Genzi. Kependekan dari Generasi Z "Kami berharap melalui wadah posyandu remaja tidak tergiur dengan hal-hal negatif yang dapat merusak masa depan," ujar Heru Mulyono.

Ke depan, kegiatan Posyandu Remaja adalah melakukan pelayanan kesehatan seperti penimbangan dan pengukuran tensi darah, penyuluhan tentang permasalahan yang dialami remaja seperti NAPZA, memantau kesehatan remaja secara berkala.

Melalui kegiatan yang berbasis pada remaja, hal ini bertujuan juga menurunkan angka pernikahan dini serta dapat mengedukasi remaja untuk hidup sehat.

Peresmian Posyandu Remaja tidak hanya berlangsung di titik Kampung Biru Arema saja, namun akan berkelanjutan dan berkembang di kampung-kampung lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES