Peristiwa Nasional

Ulama Aceh Merasa Lega Soal Klarifikasi Menag RI Tentang Cadar dan Celana Cingkrang

Minggu, 17 November 2019 - 21:18 | 90.67k
Menteri Agama Fachrul Razi saat bertemu Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh Tgk H Marhaban Bakongan, Minggu (17/11/2019) di Aceh. (FOTO: kemenag)
Menteri Agama Fachrul Razi saat bertemu Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh Tgk H Marhaban Bakongan, Minggu (17/11/2019) di Aceh. (FOTO: kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penegasan Menteri Agama RI (Menag RI) Fachrul Razi bahwa ia tidak pernah melarang memakai cadar dan celana cingkrang telah melegakan Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh Tgk H Marhaban Bakongan saat digelar acara Silaturahim Menag RI bersama Ulama dan ASN Kemenag Aceh di Asrama Haji Aceh, Minggu (17/11/2019).

Dalam forum itu, Tgk Marhaban juga berharap dalam melaksanakan tugas keagamaan, Menteri Agama RI bisa membawa rasa sejuk ke seluruh Republik Indonesia

Fachrul-Razi-Aceh-2.jpg

Tgk Marhaban menyatakan, Indonesia dihadapkan pada tantangan yang semakin kompleks. Bangsa yang majemuk ini tengah dihadapkan pada kemerosotan akhlak. Fitnah juga banyak beredar di media sosial. 

"Kami merasa lega setelah mendapat penjelasan langsung dari bapak terkait berbagai hal yang berkembang di media sosial," ujar Tgk Marhaban.

Sebelumnya, dalam kesempatan menghadiri peringatan Maulid Nabi di Universitas Syiah Kuala, Menag RI menjelaskan berbagai persoalan yang muncul terkait kebijakannya.

Ditegaskan, bahwa Menag RI tidak pernah melarang cadar dan celana cingkrang, dan klarifikasi itu melegakan ulama dan masyarakat Aceh. 

Menag RI menyatakan, sebagai Menteri Agama tugasnya tidak hanya membina umat Islam, tapi juga umat agama lainnya, seperti Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu. Menag RI mengapresiasi kerukunan masyarakat Aceh dan itu tidak terlepas dari kontribusi ulama dan tokoh agama. 

"Saya dapat laporan dari Pangdam yang sudah tugas di banyak tempat, katanya Aceh paling aman dan kondusif," katanya. 

Hal senada dilaporkan Kakanwil Kemenag Aceh Daud Pakeh. Menurutnya, kerukunan di Aceh sangat kondusif dan itu hasil dari kerjasama tokoh lintas agama. "Tahun 2018, Aceh meraih Harmony Award Nasional," ujarnya.

Menag RI berada di Aceh sejak kemarin. Dijadwalkan Menag RI besok akan meresmikan gedung FISIP UIN Ar Raniry sebelum bertolak ke Jakarta. Ikut mendampingi diantaranya Staf Khusus Menag, Munajat, Kapus Lektur, M Zein, dan Sesmen, Khairul Huda Basyir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES